Batuk merupakan salah satu gejala infeksi paru-paru. Simak cara mengobatik batuk kering dan berdahak/Freepik
Health

Cara Sembuhkan Batuk di Rumah

Novita Sari Simamora
Rabu, 25 Mei 2022 - 07:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang sedang diserang batuk dan flu, maka sebaiknya mengonsumsi beberapa minuman sehat yang bisa menjadi obat batuk alami.

Minumlah banyak cairan atau gunakan pelembap untuk menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan melonggarkan lendir. Minumlah sedikit madu sebelum tidur.

Studi menunjukkan makanan manis dapat membantu meredakan batuk. Namun, jangan berikan madu kepada anak di bawah 12 bulan. Anda mungkin ingin mencoba obat bebas yang juga mengandung bahan-bahan yang menenangkan seperti lidah buaya atau mentol.

Mengutip dari WebMD, Rabu (25/5/2022), Anda mungkin ingin mencoba produk alami yang dijual bebas yang mengandung aspirin dosis sangat rendah. Ketika diterapkan pada jaringan yang meradang yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas, ini membantu mengurangi gejala sakit tenggorokan.

Simak cara mengurangi batuk kering dan berdahak

Jika lendir atau dahak sulit keluar, atau kental, cari obat yang bertuliskan ‘ekspektoran. Itu mengendurkan kotoran untuk membantu Anda menyingkirkannya. Bila Anda mengalami post-nasal drip dengan banyak lendir berair, Anda mungkin lebih baik menggunakan obat yang mengeringkan Anda seperti Sudafed (pseudoefedrin).

Jika Anda mengalami batuk disertai demam atau sesak napas, hubungi dokter Anda. Juga periksa dengan mereka sebelum Anda menggunakan obat batuk untuk kondisi serius seperti emfisema, pneumonia, bronkitis kronis, atau asma. Dan jangan berikan obat batuk pilek pada anak dibawah 4 tahun

Mengobati batuk kering

Penyakit pilek atau flu bisa datang saat pergantian musim. Anda bisa mencoba mengonsumsi permen keras, untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan dan itu akan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Jangan memberikan obat tetes kepada anak-anak di bawah 4 tahun.

Obat Batuk Anak

Jangan sekali-kali memberikan obat batuk kepada Anak tanpa melakukan konsultasi, bagi anak di bawah 4 tahun, sebab dapat menimbulkan efek samping yang serius.Tanyakan kepada dokter Anda sebelum memberikan obat seperti antibiotik kepada anak. Orang tua mungkin bisa mencoba 1/2 hingga 1 sendok teh madu untuk membantu mereka menekan batuk.

Antibiotik Menghentikan Batuk?

Biasanya, tidak. Itu karena kebanyakan batuk disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek atau flu, dan akan sembuh dalam seminggu. Antibiotik hanya bekerja pada infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Jika batuk Anda tidak membaik setelah seminggu, temui dokter Anda untuk memastikan penyebabnya bukan penyakit bakteri, seperti infeksi sinus atau pneumonia. Jika ya, Anda mungkin memerlukan antibiotik.

Batuk Karena Alergi dan Asma

Alergi bisa membuat Anda bersin, batuk, atau keduanya. Obat antihistamin dapat membantu. Beberapa yang obat yang dibeli di apotek tidak akan membuat Anda mengantuk. Jika Anda juga mengalami gangguan napas Anda terdengar seperti bersiul, maka Anda kemungkinan menderita asma. Pergi menemui dokter Anda.

Asap perokok

Jika Anda mengisap rokok di pagi hari, maka kemungkinan Anda mengalami batuk di pagi hari. Namun, itu mungkin pertanda sesuatu yang lebih serius. Terkadang asap mengiritasi saluran udara Anda dan menyebabkan peradangan yang berubah menjadi bronkitis.

Ini juga bisa menjadi tanda peringatan kanker. Temui dokter Anda jika Anda batuk darah atau jika batuk baru tidak hilang setelah 1 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro