Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mengatasi Jaringan Internet yang Lemot di Ponsel

Kalau Anda mengalami jaringan interneti lemot pada ponsel Anda, ada lima trik yang bisa mengatasinya berikut ini seperti dilansir dari Hindustantime:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Juni 2022  |  09:31 WIB
Cara Mengatasi Jaringan Internet yang Lemot di Ponsel
Cara Mengatasi Jaringan Internet yang Lemot di Ponsel

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang pasti pernah merasakan jaringan internet yang lemot dan bikin frustasi.

Apalagi, jika terjadi saat kondisi genting dan internet sangat dibutuhkan.

Kalau hal tersebut yang terjadi pada ponsel Anda, ada lima trik yang bisa mengatasinya berikut ini seperti dilansir dari Hindustantime:

1. Bersihkan Cache Anda

Cache tidak hanya menambah ruang penyimpanan internal Anda tetapi juga dapat mempercepat internet seluler Anda yang lambat. Cache tidak hanya membebani proses seluler tetapi juga kecepatan internet. Jika Anda belum membersihkan cache dalam waktu yang lama, cobalah. Ini pasti akan meningkatkan kecepatan internet Anda.

2. Tutup aplikasi Anda

Meskipun smartphone saat ini dapat bekerja dengan baik bahkan dengan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, mungkin tidak demikian untuk internet seluler Anda. Semakin banyak perangkat yang Anda jalankan, semakin lambat kecepatan internet Anda. Tutup beberapa aplikasi ini dan Anda akan melihat peningkatan yang cukup besar pada kecepatan internet Anda.

3. Matikan pembaruan otomatis untuk aplikasi Anda

Pembaruan aplikasi adalah cara lain ponsel cerdas Anda menguras kecepatan internet Anda. Sementara pembaruan aplikasi berlangsung dengan tenang di latar belakang, Anda merasakan efeknya saat menggunakan telepon. Solusi efektif adalah dengan mematikan pembaruan aplikasi Anda dan hanya memperbaruinya secara manual sebelum Anda tidur sehingga Anda dapat bangun dengan ponsel cerdas yang sepenuhnya diperbarui pada hari berikutnya.

4. Gunakan browser/aplikasi lite yang berbeda

Ini tidak akan benar-benar meningkatkan kecepatan internet seluler Anda, tetapi akan membuat bandwidth yang ada menjadi jauh lebih efisien. Banyak aplikasi saat ini hadir dengan versi ringan yang membutuhkan lebih sedikit data untuk dijalankan. Demikian pula browser yang berbeda juga memiliki persyaratan data yang berbeda. Opera mini, misalnya, adalah browser hemat data yang akan membuat kecepatan internet Anda terasa lebih cepat.

5. Atur ulang pengaturan jaringan Anda

Masalah yang sangat besar yang sering tersembunyi adalah yang ada di ponsel Anda. Pengaturan jaringan Anda mungkin otomatis secara default dan ini sering kali dapat menimbulkan masalah dan menyebabkan internet melambat. Tip Internet ini benar-benar akan menghentikan kecepatan internet Anda yang tidak stabil.

Yang harus Anda lakukan adalah mengangkat telepon Anda dan mengatur ulang Pengaturan Jaringan Anda, cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini. Buka Pengaturan > Jaringan Seluler > Operator jaringan > Pilih secara otomatis > Matikan. Setelah ini, cukup cari penyedia jaringan Anda secara manual dan ketuk di atasnya. Anda harus me-restart telepon Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi internet ponsel
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top