Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Berikut daftar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan data dari webometrics, sebuah web Lembaga yang mengukur peringkat universitas dunia.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  16:09 WIB
Ini 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics
UNiversitas Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengenyam pendidikan di kampus impian adalah angan semua orang. Sederet tes ujian jalur masuk ditempuh banyak orang agar bisa lolos di kampus bergengsi. Sebagian orang bahkan rela menunda tahun atau gap year masuk universitas demi bisa berkuliah di kampus impiannya.

Di Indonesia, kampus impian pelajar biasanya didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri, namun sebenarnya kampus mana sajakah yang menduduki urutan kampus terbaik?

Berikut daftar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan data dari webometrics, sebuah web Lembaga yang mengukur peringkat universitas dunia.

1.  Universitas Indonesia

Urutan pertama diduduki oleh Universitas Indonesia. Kampus yang identik dengan jaket kuning ini menduduki peringkat pertama kampus terbaik di Indonesia dan 603 di dunia. Universitas Indonesia terletak tak jauh dari Ibu Kota Jakarta, tepatnya utara Depok, Jawa Barat. Kampus hijau ini memiliki luas 320 hektar, dengan danau di dalamnya.

2. Universitas Gadjah Mada

Tidak kalah dengan UI, UGM juga menjadi salah satu kampus unggulan di Indonesia. Perguruan tinggi yang terletak di Yogyakarta ini menduduki peringkat dua perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan peringkat 696 di dunia. Lulusan universitas ini juga sudah banyak yang menjadi tokoh di Indonesia, salah satunya Presiden Joko Widodo.

3. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya juga termasuk jajaran universitas idaman yang sering disandingkan dengan UI dan UGM. Universitas yang didirikan pada tahun 1963 ini menduduki peringkat tiga kampus terbaik di Indonesia. Lulusannya sudah banyak menduduki posisi-posisi penting di negeri ini, wajar saja jika UB masuk ke dalam list universitas bergengsi di Indonesia.

4. Bogor Agricultural University atau IPB

Siapa yang tidak bangga jika berhasil lolos menjadi mahasiswa IPB? Universitas ini berhasil menduduki peringkat keempat dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia, setelah UB. Sesuai Namanya, Universitas ini terletak di Bogor Jawa Barat, sebuah kabupaten yang terletak di sebelah selatan Jakarta. IPB identik dengan mahasiswa rumpun saintek yang pintar dan rajin belajar.

5. Universitas Airlangga

Peringkat kelima Universitas terbaik di Indonesia masih diduduki oleh perguruan tinggi negeri, Universitas Airlangga atau UNAIR. Universitas ini berada di Surabaya Jawa Timur yang juga termasuk dalam perguruan tinggi bergengsi idaman pelajar Indonesia. Lulusan UNAIR yang menjadi tokoh terkenal adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

6.  Universitas Sebelas Maret atau Univeritas Negeri Surakarta

Perguruan tinggi yang berada di kota Surakarta atau Solo Jawa Tengah ini berhasil menyabet peringkat keenam perguruan tinggi terbaik se-Indonesia, mengalahkan sederet kampus terkemuka di Indonesia seperti Universitas Padjajaran dan Universitas Diponegoro.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS merupakan kampus teknik yang berada di Jawa Timur. Kampus ini berhasil menduduki peringkat ketujuh kampus terbaik di Indonesia, dua tingkat lebih tinggi dari sesama kampus teknologi yang ada di  Pulau Jawa, Institut Teknologi Bandung.

8. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah Kuala adalah universitas yang terletak di Provinsi paling barat Indonesia, Aceh. Universitas ini menduduki peringkat kedelapan dalam jajaran perguruan tinggi terbaik se-Indonesia.

9. Universitas Telkom

Satu-satunya universitas milik BUMN yang masuk ke dalam 10 peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Telkom. Perguruan tinggi yang berpusat di Bandung Jawa Barat ini berhasil menduduki peringkat ke sembilan mengalahkan Institut Teknologi Bandung.

10. Institut Teknologi Bandung atau ITB

Institut Teknologi Bandung, perguruan tinggi yang banyak menghasilkan tokoh public seperti Presiden Indonesia keempat, B.J Habibie, budayawan Sujiwo Tedjo, penulis dan juga presiden direktur Mizan Group, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan lain lain. Tidak heran jika ITB menjadi perguruan tinggi yang diimpikan banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas indonesia peringkat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top