Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Efek Samping dari Jus Seledri

Penderita hipertensi harus berhati-hati saat mengonsumsi jus seledri. Simak efek samping lainnya.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  11:35 WIB
Ini Efek Samping dari Jus Seledri
Efek samping jus seledri bagi kesehatan - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jus seledri memiliki manfaat bagi kesehatan, tetapi juga memiliki beberapa efek samping untuk sebagian orang. Apa saja?

Jus seledri sebenarnya bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membuat kulit lebih awet muda. Namun, ada efek mengonsumsi minuman ini secara berlebihan.

Simak efek samping jus seledri bagi kesehatan:

1. Dapat menyebabkan ruam kulit

Seledri mengandung psoralen, zat aktif yang dapat menyebabkan fotosensitivitas dan ruam kulit. Jadi, jika Anda berlebihan mengonsumsi jus seledri, maka mungkin mengalami fotosensitifitas dan ruam.

2. Dapat membahayakan ginjal

Seledri, bayam, bit, selada, dan sebagainya yang mengandung sarat dengan oksalat diet, dapat menghambat fungsi ginjal Anda. Inilah alasan minum jus seledri secara berlebihan dapat membahayakan ginjal Anda.

3. Dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda

Ada klaim bahwa bubuk seledri siap pakai yang tersedia di pasaran tidak murni dan mengandung pengawet, serta kimia, yang pada gilirannya dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Jadi, jika Anda ingin minum jus seledri, sebaiknya dibuat sendiri di rumah.

4. Jus seledri mengandung natrium

Satu cangkir jus seledri segar mengandung 215 mg sodium. Menurut berbagai ahli, orang dewasa yang sehat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2.300 mg sodium setiap hari. Jadi, jika Anda disarankan untuk membatasi asupan garam, sebaiknya batasi atau hindari asupan jus seledri.

Kelompok Orang yang Tidak Disarankan Mengonsumsi Jus Seledri

Alih-alih mendapatkan manfaat kesehatan, ternyata ada sekelompok orang yang sama sekali tidak cocok mengonsumsi jus seledri. Perhatikan berikut ini:

1. Orang dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) harus menghindari jus seledri karena mengandung gula yang dapat difermentasi sehingga menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lainnya

2. Penderita hipertensi atau mereka yang memiliki batasan asupan natrium harus berhati-hati saat mengonsumsi jus seledri. Ini karena jus seledri mengandung natrium dalam jumlah tinggi, sehingga sebaiknya Anda jangan terlalu banyak mengonsumsinya

3. Orang yang memakai obat pengencer darah sebaiknya tidak minum jus seledri. Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter sebelum meminum jus seledri untuk mendapatkan saran yang tepat. Pasalnya, jus seledri mengandung vitamin K yang dapat mengganggu fungsi obat pengencer darah

4. Orang yang lebih rentan terhadap alergi kulit harus berhati-hati sebelum minum jus seledri karena dapat menyebabkan ruam dan fotosensitifitas

Ada banyak manfaat potensial dari jus seledri, tetapi beberapa orang harus menghindari meminumnya untuk menghindari efek sampingnya. 

Namun, jangan khawatir karena ada alternatif minuman sehat lainnya yang bisa Anda coba. Mulai dari jus lidah buaya, air lemon, jus mentimun, dan air lemon, serta smoothie alpukat, smoothie bayam, dan smoothie kale.

Resep Jus Seledri

Jus seledri sangat mudah untuk dibuat. Namun, beberapa di antara kita akan berpikir bagaimana cara membuat jus seledri yang enak tanpa menghilangkan khasiatnya. Simak tipsnya berikut ini.

1. Ambil satu hingga dua tandan batang seledri berukuran sedang dan potong bagian pangkal dan atasnya

2. Kemudian, ambil saringan dan cuci batangnya dengan benar 

3. Masukkan batang seledri dan 1/4 gelas air ke dalam blender, lalu blender hingga halus

4. Anda bisa menambahkan kangkung, jus lemon, mint, apel hijau, mint, atau jahe bersama dengan seledri untuk membuatnya lebih enak

5. Ambil saring jus dan kain, lalu peras dengan benar untuk mendapatkan semua cairan

6. Siap dinikmati. Anda bisa menyimpan jus di lemari es atau langsung menambah es batu untuk menambah sensasi segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan kulit minuman
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top