Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara Lengkap

Simak Doa naik kendaraan perlu diketahui dan dipraktekkan karena memiliki banyak keutamaan salah satunya terhindar dari gangguan.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  14:32 WIB
Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara Lengkap
Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat akan bepergian menggunakan kendaraan, maka kita wajib untuk membaca doa naik kendaraan baik itu kendaraan darat, laut maupun kendaraan udara.

Doa sebagai senjata ampuh yang harus dilakukan oleh umat islam sebelum beraktivitas. Dengan berdoa, harapannya kita selalu terjaga dari berbagai ancaman dan bahaya yang mengintai. 

Keutamaan Membaca Doa Bepergian Naik Kendaraan

Tak hanya persiapan fisik atau barang-barang saja yang diperlukan untuk bepergian dengan kendaraan, tetapi berdoa juga jadi hal utama yang harus dilakukan. Tanpa disadari saat Anda membaca doa untuk bepergian dengan kendaraan ada keutamaan-keutamaan yang tentunya sangat baik.

Berikut ini merupakan beberapa keutamaan bagi Anda yang membaca doa naik kendaraan. 

1. Mendapat Pahala

Keutamaan pertama yaitu akan mendapatkan pahala karena tanpa disadari dengan doa yang dibaca, ada kebaikan yang diamalkan dan senantiasa ingat Allah SWT. Doa juga mengandung banyak harap bagi yang membaca maupun yang mendengarkan. 

2. Menciptakan Rasa Aman

Selalu awali aktivitas apapun dengan berdoa dan untuk perjalanan Anda akan merasa jauh lebih tenang. Pasalnya, satu-satunya tempat berlindung yang aman dari segala bahaya adalah Allah Swt. 

3. Terhindar dari Gangguan

Membaca doa untuk bepergian dan naik kendaraan jadi salah satu cara untuk selalu ingat dengan kekuasaan Allah Swt. Sebagai seorang muslim untuk mendapatkan pertolongan Sang Pencipta tentu sudah hal wajib untuk berdoa terlebih dahulu. 

Membaca doa juga bisa untuk mendapatkan ridho Allah Swt. Sehingga perjalanan yang dilakukan dapat berjalan lancar seperti yang diinginkan. 

Doa Naik Kendaraan Darat

Saat akan bepergian dengan menggunakan kendaraan darat seperti motor, mobil, bus, truk, kereta api, dan kendaraan darat lainnya tentu Anda harus berdoa terlebih dahulu. Berikut ini merupakan doa naik kendaraan darat yang harus dibaca saat dalam perjalanan.

  • Membaca basmalah terlebih dahulu
  • Membaca doa berikut ini :

“Alhamdulillahilladzi/subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina, wa inni ila rabbina lamunqalibuna”.

Artinya: “Segala puji bagi Allah/Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal, kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami”.

  • Alhamdulillah sebanyak 3x
  • Allahu akbar sebanyak 3x
  • Membaca doa berikut ini :

“Subhanaka inni zhalamtu nafs faghfirl fa innah la yaghfiruz dzunuba illa anta”.

Artinya: “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau”.

Doa Naik Kendaraan Laut

Bagi umat muslim yang akan bepergian dengan kendaraan laut seperti kapal laut bisa membaca doa berikut.

"Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim"

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Doa Naik Kendaraan Udara

Bagi umat muslim yang akan bepergian menggunakan kendaraan udara seperti pesawat dianjurkan membaca doa berikut ini.

"Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl”.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Itulah beberapa doa naik kendaraan yang perlu dibaca saat akan bepergian dan sebagai umat muslim pasti akan berharap mendapatkan keutamaan dari doa-doa yang dipanjatkan tersebut. 

Anda bisa mulai menghafalkan doa-doa tersebut mulai dari sekarang. Selain membaca doa naik kendaraan, Anda juga bisa memutar doa-doa ayat suci Al-Qur'an untuk menambahkan ketenangan pada saat sedang dalam perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa kendaraan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top