Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beragam Doa untuk Kedua Orang Tua Lengkap dengan Artinya

Doa kedua orang tua menjadi wujud bakti seorang anak kepada orang tuanya. Adapun lafadz doa untuk orang tua dan artinya, seperti berikut.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  13:24 WIB
Beragam Doa untuk Kedua Orang Tua Lengkap dengan Artinya
Beragam Doa untuk Kedua Orang Tua Lengkap dengan Artinya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai seorang anak dan seorang muslim tentu harus selalu mengirimkan doa kedua orang tua. Akhlak terhadap orang tua jadi hal yang sangat penting karena kedua orang tua lah yang jadi seseorang paling mengenal diri kita dari kecil hingga kita menjadi dewasa. 

Harapan sederhana orang tua salah satunya yaitu melihat anaknya berbakti kepada orang tua dan jadi anak yang shaleh ataupun shalehah. Berbakti kepada orang tua salah satunya yaitu dengan mendoakan selalu kedua orang tua kita.

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Doa untuk orang tua sebagai bentuk rasa syukur jadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan seorang anak. Seringkali anak lupa akan jasa-jasa orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan hingga sekarang ini. 

Melalui doa-doa ini akan jadi wujud bakti seorang anak kepada orang tuanya. Berikut merupakan doa untuk kedua orang tua baik untuk yang masih hidup ataupun orang tua yang sudah wafat.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Doa di atas merupakan doa yang sering dibacakan setelah selesai mengerjakan shalat lima waktu. Selain doa tersebut ada juga beberapa doa lain untuk mendoakan kedua orang tua.

1. Doa Untuk Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah

Saat mendapati orang tua sedang sakit parah maka Anda dapat membacakan doa berikut ini.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khiralli

Artinya: "Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya."

2. Doa Memohon Panjangkan Umur Orang Tua

Selain doa di atas, ada juga doa untuk memohon umur panjang orang tua. Sebagai manusia tentu hanya bisa berdoa dan berharap kepada Sang Pencipta-Nya. Berikut doa memohon panjangkan umur orang tua. 

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

3. Doa Orang Tua Yang Sedang Sakit

Saat orang tua sedang dalam kondisi sakit, seorang anak membaca doa di bawah ini. 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya: "Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Itulah beberapa doa kedua orang tua yang bisa dibaca setelah selesai menjalankan sholat lima waktu. Tak hanya mendoakan saja, Anda juga harus menghormati dan menyayangi orang tua karena itu merupakan kewajiban seorang anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa orang tua
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top