Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kisah Dokter Vito yang Aktif Berbagi Info Kesehatan via Medsos

Dokter vito mengatakan sebagai dokter yang juga seorang influencer dia merasa punya tanggung jawab untuk memberikan contoh yang benar kepada para pengikutnya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 21 Agustus 2022  |  07:50 WIB
Kisah Dokter Vito yang Aktif Berbagi Info Kesehatan via Medsos
dr VitoAnggarino Damay - uph.edu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Di tengah perkembangan teknologi digital yang kian pesat saat ini, media sosial memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi opini masyarakat. Biasanya, para penggerak yang  dapat mempengaruhi netizen atau para pengikutnya melalui media sosial disebut sebagai influencer atau Key Opinion Leader (KOL).

Influencer tersebut dibagi berdasarkan konten yang mereka buat mulai seperti youtuber, podcaster, blogger, maupun selebgram. Mereka aktif berbagi informasi berdasarkan kekhususan atau spesialisasinya masing-masing yang kemudian diikuti atau dapat mempengaruhi para pengikutnya.

Para influencer ini juga bisa berasal dari berbagai latar belakang dan profesi, termasuk salah satunya Vito Anggarino Damay yang lebih akrab dikenal sebagai dokter vito. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah kelahiran 24 Juli 1984 ini aktif membagikan berbagai informasi seputar kesehatan melalui media sosialnya.

Dokter vito mengatakan sebagai dokter yang juga seorang influencer dia merasa punya tanggung jawab untuk memberikan contoh yang benar kepada para pengikutnya. Sebab, ada amanah yang harus dijaga, khususnya dari para follower yang kagum dan terinspirasi atau setidaknya senang mengikuti apa yang sang influencer lakukan.

“Terutama dalam memotivasi pada hal yang baik sehingga memberi dampak positif di dalam kondisi transisi bangsa Indonesia kini telah lebih dewasa di usia 77 tahun,  apalagi setelah krisis pandemi bangsa kita harus pulih lebih cepat dan menjadi lebih kuat,” ujarnya.

Dia juga melihat di usia Indonesia yang makin matang dan dewasa, maka rakyat Indonesia juga seharusnya makin memiliki karakter yang sopan santun, toleransi, tepo seliro, disiplin sebagai ciri khas bangsa Indonesia.

“Karena rakyat yang dewasa ini menjadi citra bangsa yang dewasa setelah 77 tahun merdeka. Dan hari kemerdekaan ini menjadi perenungan apakah kita sudah berbuat hal bermanfaat selama kemerdekaan,” tuturnya.

Sebagai seorang dokter yang juga konten kreator, Vito juga memaknai kemerdekaan sebagai kebebasan untuk berkarya dan produktif dalam sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Apalagi selama masa pandemi yang berlangsung lebih dari dua tahun terakhir ini, dokter menjadi profesi yang disorot karena mereka bisa memberikan banyak informasi penting yang berguna bagi masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi pandemi.

“Dokter dulu menjadi salah satu aktor utama kebangkitan Nasional 1908, saat ini pun dokter adalah profesi yang sedang disorot karena pandemi dan muncul banyak dokter influencer. Pada hakikatnya kata aslinya dokter itu adalah docere artinya mengajar, dan dokter punya tanggung jawab moral sebagai sosok yang seharusnya menjadi panutan,” terang dokter yang memiliki akun @doktervito ini.

Menurut Vito ini merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan pada masa kemerdekaan ini, sebagai seorang dokter dan influencer, dia ingin melanjutkan perjuangan para dokter menjaga amanah mengisi kemerdekaan bersama rakyat Indonesia.

Selain berprofesi sebagai dokter, Vito juga mengabdikan diri sebagai dosen di fakultas kedokteran, sejak 14 tahun lalu. Jalan yang bagi sebagian orang kurang populer karena umumnya dokter akan memilih berpraktek saja.

“Saya percaya bangsa yang hebat adalah bangsa yang sehat, karena itu saya aktif mengedukasi masyarakat dengan berbagai platform , mulai buku konvensional, artikel digital di website hingga media sosial di instagram maupun youtube,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur dokter profesi dokter Influencer
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top