Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 8 Nama-nama Surga dan Penghuninya yang Perlu Diketahui

Bagi umat Islam, penting untuk mengenal nama nama surga merupakan. Berikut ini penjelasan lengkap seputar nama surga dan penghuninya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 04 September 2022  |  17:15 WIB
Simak 8 Nama-nama Surga dan Penghuninya yang Perlu Diketahui
8 Nama/nama Surga dan Penghuninya yang Perlu Diketahui (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama-nama surga yang ada di Alquran sebenarnya sangatlah banyak. Hanya saja, yang populer dan sering diajarkan biasanya hanya delapan tingkatan surga. 

Bagi umat Islam, pemahaman tentang nama nama surga sangatlah penting. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas seputar nama nama surga dan penghuninya. Simak ulasannya berikut ini. 

Nama Nama Surga dan Penghuninya

Surga merupakan sebuah tempat terbaik yang ada di tujuan akhir dan sudah disediakan oleh Sang Pencipta bagi manusia yang terpilih. Oleh karena itu banyak sekali umat Islam yang menginginkan menjadi penghuni surga dan berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan demi bekal di akhirat nanti. 

Lalu, apa sajakah nama-nama surga yang telah disebutkan di Alquran? Dan siapa saja yang akan menghuni surga tersebut? Ini penjelasan lengkapnya.

  • Surga Firdaus

Nama surga pertama yaitu surga firdaus. Surga firdaus ini merupakan salah satu yang sangat terkenal karena merupakan tingkatan surga tertinggi.

Surga firdaus ini bagi mereka yang shalatnya selalu penuh, rutin dalam membayar zakat, menepati janji, menjaga kemaluannya serta jauh dari perbuatan yang sia-sia. Sebagaimana disebutkan dalam Q.S Al-Kahfi ayat 107 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.”

  • Surga 'Adn

Selanjutnya yaitu ada Surga 'Adn yang merupakan surga di tingkatan nomor dua. Golongan hamba Allah yang akan masuk ke surga ini yaitu bagi mereka yang melaksanakan shalat, mengharapkan keridhoan dari Allah, memberikan infaq kepada yang membutuhkan, serta menolak kejahatan dan membalasnya dengan kebaikan.

  • Surga Na'iim

Nama-nama surga selanjutnya ada Surga Na'im. Surga ini merupakan tempat bagi orang-orang beriman dan juga orang-orang yang mengerjakan amal saleh. 

  • Surga Ma'wa

Surga selanjutnya yaitu surga Ma'wa yang merupakan surga di tingkatan keempat. Golongan orang-orang yang ada di surga ini yaitu mereka yang memiliki amal saleh, takut akan kebesaran Allah SWT, bertakwa, dan mampu menahan hawa nafsunya selama berada di dunia.

  • Surga Darussalam

Surga ini merupakan tingkatan kelima. Golongan orang yang menjadi penghuni Surga Darussalam yaitu bagi mereka yang memiliki Iman kuat, selalu mengerjakan amal saleh dan juga mengamalkan ayat Al-Quran di kehidupan sehari-hari.

  • Surga Darul Muqamah

Tingkatan surga yang keenam yaitu Surga Darul Muqamah. Surga ini diperuntukan bagi golongan orang-orang yang selalu berbuat baik dan menjauhi larangan Allah Swt.

  • Surga Maqamul Amin

Nama surga selanjutnya yaitu ada surga Maqamul Amin yang merupakan surga di urutan ketujuh. Surga Maqamul Amin ini merupakan surga bagi golongan yang punya keimanan pada tingkat Muttaqin atau orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Bagaimana dalam surat Ad-Dukhan ayat 51 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” 

  • Surga Khuldi

Selanjutnya yaitu ada surga khuldi yang ada di tingkatan kedelapan. Golongan orang-orang yang jadi penghuni surga khuldi yaitu mereka yang selalu bertakwa kepada Allah SWT. Syarat dari ketakwaan kepada Allah SWT ini sebagaimana disebutkan dalam Q.S Al-Furqan ayat 15 yang artinya:

 “Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?”

Itulah delapan nama-nama surga yang ada di dalam Alquran. Untuk bisa menggapai surga tersebut, kita perlu melakukan kebaikan dan rajin beribadah semasa hidup di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surga islam nama al quran
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top