Cara mengobati sakit gigi/istimewa
Health

Ini Cara Alami Mengobati Sakit Gigi 

Ileny Rizky
Rabu, 5 Oktober 2022 - 11:13
Bagikan

Cengkih, Jambu Biji, Pepaya, Daun Sambiloto, dan Biji Alpukat

3. Cengkih 

Cengkih dapat digunakan untuk melawan kerusakan gigi dan bau mulut. Cengkih memiliki sifat antimikroba, antijamur dan antiseptik yang mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada gigi.

Minyak atsiri yang diekstrak dari cengkih (eugenol), telah banyak digunakan dalam kedokteran gigi sebagai pelapis rongga, pulp dressing dan dry socket dressing. 

Minyak cengkih mungkin merupakan opsi pengobatan rumah alami terbaik untuk sakit gigi, sariawan, dan nyeri gusi. 

Dalam pengobatannya, Anda dapat menggunakan minyak cengkih sebagai obat kumur dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam secangkir air. Kemudian Anda dapat berkumur selama 15-20 detik. Anda juga bisa langsung mengoleskan pasta cengkih ke gigi yang sakit. 

Selain itu Anda juga dapat membuat pasta cengkih. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan mangkuk kecil, kemudian hancurkan beberapa cengkih menggunakan beberapa tetes air untuk membuat pasta kental.

Setelah itu oleskan pasta cengkih ke gigi secara langsung atau dapat mengoleskan gigi menggunakan kapas. 

4. Jambu biji 

Daun dan kulit jambu biji berperan untuk mengobati sakit gigi.  Ekstrak daun jambu biji memiliki sifat antimikroba, analgesik, antiinflamasi dan antioksidan. Rebusan yang dibuat dari akar dan daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. 

5. Pepaya 

Biji, pulp dan lateks (cairan putih) buah pepaya  bermanfaat untuk sakit gigi. Pepaya memiliki sifat bakteriostatik (menghentikan pertumbuhan bakteri) melawan bakteri mulut. Getah pepaya juga memiliki sifat antijamur. Lateks putih pepaya memiliki khasiat  melawan sakit gigi. 

Pasta akar pepaya merupakan salah satu cara tradisional untuk mengobati sakit gigi. Dalam pengobatannya, Anda dapat membuat pasta gigi dari buah pepaya. 

Pasta pepaya dibuat dengan menghancurkan akar pepaya dengan beberapa tetes air. Kemudian, Pulp atau lateks buah pepaya dapat menggantikan akar pepaya. Pasta ini dapat dioleskan pada gigi yang sakit.

6. Daun Sambiloto

Daun sambiloto  dapat digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi sakit gigi. Memiliki rasa yang pahit, daun ini dapat menenangkan nyeri. Bukti ilmiah menunjukkan ekstrak daun sambiloto mungkin memiliki sifat anthelmintik, antiprotozoal dan antibakteri

Anda dapat merebus daun sambiloto dengan air dan kemudian dikumurkan ke mulut. Daun sambiloto juga dapat secara langsung dioleskan ke gigi yang sakit. 

7. Buah pir alpukat 

Pir alpukat mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan antijamur. Biji alpukat bermanfaat untuk sakit gigi. Untuk menggunakan biji alpukat, hancurkan dan rebus dalam air.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan larutan air tadi sebagai obat kumur yang mampu membantu Anda mengurangi rasa sakit gigi dan sariawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro