Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa/Freepik
Relationship

Ini Dia Tanggal Bulan Ramadan 2023

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 8 November 2022 - 13:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan puasa atau ramadan hanya tersisa 135 hari lagi akan tiba.

Menurut perhitungan astronomi, bulan suci akan jatuh pada 23 Maret (Kamis) dan berakhir pada 20 April. (Kamis).

Ibrahim Al Jarwan, Ketua Dewan Direksi Emirates Astronomy Society, anggota Uni Arab untuk Astronomi dan Ilmu Antariksa (AUASS), memperkirakan Ramadan akan dimulai pada 23 Maret 2023, dan berlangsung selama 29 hari. Demikian dilansir dari Gulf News.

Jam puasa akan mencapai sekitar 14 jam, dan bervariasi sekitar 40 menit dari awal bulan hingga akhir bulan.

Dia menjelaskan, hilal baru Ramadan akan terlihat pada Selasa, 21 Maret pukul 21.23 WIB. Al Jarwan memperkirakan Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April.

Pada hari pertama Ramadan, warga UEA yang menjalankan ibadah Ramadan akan berpuasa sekitar 13.30 jam, sedangkan pada hari terakhir bulan suci 14,13 jam mereka berpuasa.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ini dianggap sebagai bulan paling suci dalam setahun karena merupakan bulan di mana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad (saw) pada malam Lailatul Qadar, salah satu dari sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Ramadan adalah bulan ketakwaan, amal dan berkah. Selama Ramadan, umat Islam yang mampu diwajibkan untuk menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja. Puasa seperti itu adalah salah satu dari lima rukun Islam.

Seperti bulan-bulan lainnya, Ramadhan juga dimulai saat pertama kali terlihatnya hilal dan berlangsung selama 29 atau 30 hari tergantung pada penampakan hilal berikutnya. UEA mengikuti pengumuman resmi dalam hal ini dari komite penampakan bulan di Mekah, karena dianggap sebagai kota paling suci di dunia Islam.

Ini adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad (SAW) dan juga lokasi di mana ia memiliki wahyu pertama dari Quran. Kalender Islam memiliki 354 hari. Oleh karena itu, Ramadan tiba 11 hari lebih awal di setiap tahun berikutnya dalam kalender Gregorian. Orang-orang saling menyapa dengan mengucapkan 'Ramadhan Kareem', yang berarti 'Selamat Ramadhan'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro