Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Dia Tanggal Bulan Ramadan 2023

Berikut prediksi kapan ramadan 2023 akan tiba dan dirayakan oleh umat muslim di dunia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 November 2022  |  13:10 WIB
Ini Dia Tanggal Bulan Ramadan 2023
Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan puasa atau ramadan hanya tersisa 135 hari lagi akan tiba.

Menurut perhitungan astronomi, bulan suci akan jatuh pada 23 Maret (Kamis) dan berakhir pada 20 April. (Kamis).

Ibrahim Al Jarwan, Ketua Dewan Direksi Emirates Astronomy Society, anggota Uni Arab untuk Astronomi dan Ilmu Antariksa (AUASS), memperkirakan Ramadan akan dimulai pada 23 Maret 2023, dan berlangsung selama 29 hari. Demikian dilansir dari Gulf News.

Jam puasa akan mencapai sekitar 14 jam, dan bervariasi sekitar 40 menit dari awal bulan hingga akhir bulan.

Dia menjelaskan, hilal baru Ramadan akan terlihat pada Selasa, 21 Maret pukul 21.23 WIB. Al Jarwan memperkirakan Idul Fitri jatuh pada Jumat, 21 April.

Pada hari pertama Ramadan, warga UEA yang menjalankan ibadah Ramadan akan berpuasa sekitar 13.30 jam, sedangkan pada hari terakhir bulan suci 14,13 jam mereka berpuasa.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ini dianggap sebagai bulan paling suci dalam setahun karena merupakan bulan di mana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad (saw) pada malam Lailatul Qadar, salah satu dari sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Ramadan adalah bulan ketakwaan, amal dan berkah. Selama Ramadan, umat Islam yang mampu diwajibkan untuk menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja. Puasa seperti itu adalah salah satu dari lima rukun Islam.

Seperti bulan-bulan lainnya, Ramadhan juga dimulai saat pertama kali terlihatnya hilal dan berlangsung selama 29 atau 30 hari tergantung pada penampakan hilal berikutnya. UEA mengikuti pengumuman resmi dalam hal ini dari komite penampakan bulan di Mekah, karena dianggap sebagai kota paling suci di dunia Islam.

Ini adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad (SAW) dan juga lokasi di mana ia memiliki wahyu pertama dari Quran. Kalender Islam memiliki 354 hari. Oleh karena itu, Ramadan tiba 11 hari lebih awal di setiap tahun berikutnya dalam kalender Gregorian. Orang-orang saling menyapa dengan mengucapkan 'Ramadhan Kareem', yang berarti 'Selamat Ramadhan'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ramadan Puasa arab saudi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top