Kaesang dan Erina Gudono/instagram
Entertainment

Kirab, Kaesang dan Erina Akan Diarak Pakai Kereta Kencana,  12 Kereta Kuda Dipersiapkan

Ileny Rizky
Jumat, 9 Desember 2022 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar prosesi ngunduh mantu yang akan dilangsungkan pada Minggu (11/12/2022).

Prosesi ngunduh mantu akan digelar di Loji Gandrung dan dilanjutkan dengan kirab. Kirab dilakukan dari Loji Gandrung menuju ke Pura Mangkunegaran, sebagai lokasi pesta atau resepsi.

Pada prosesi kirab, kedua mempelai akan menumpang kereta kencana yang akan dikusiri oleh Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas Polsek Kesugihan Polresta Cilacap, Aiptu Warsito.

Dalam proses arak-arakan ini, terdapat 12 kereta kuda yang dipersiapkan. Kemudian khusus untuk kereta pengantin akan ditarik oleh enam ekor kuda. Sementara 11 kereta lainnya masing-masing menggunakan tenaga dua ekor kuda.

Sebagai informasi, kirab pengantin merupakan sebuah tradisi yang pada mulanya berasal dari kebudayaan dan tata cara keraton. 

Selain itu, tradisi ini umumnya dilakukan pada upacara-upacara besar seperti jumenengan, penyambutan tamu agung, hingga arak-arakan pernikahan putri raja.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir yang juga selaku panitia pernikahan mengatakan bahwa dalam prosesi kirab, sebanyak 16.000 paket makanan dan souvenir gratis akan dibagikan kepada masyarakat.

Adapun lokasi pembagian makanan ini adalah di pojokan Taman Sriwedari atau dekat dengan tulisan I Love Solo dan Ngarsopuro. 

Pada tiap lokasi pembagian makanan gratis, tersedia delapan tenda. Dalam setiap tenda ini akan disajikan berbagai menu yang berbeda-beda.

Dalam setiap tenda akan disiapkan seribu paket, sehingga totalnya akan menjadi 16.000 paket makanan.

Sedangkan menu makanan gratis yang dibagikan pada kirab Kaesang-Erina ini diantaranya ialah Sang Pisang dan Mangkokku. Meski sudah mengungkapkan lokasinya, tetapi panitia pernikahan itu tidak membeberkan secara detail waktu pembagian makanan gratis ini.

Tak hanya itu, di sepanjang rute kirab akan tersedia sembilan panggung hiburan yang akan memeriahkan pernikahan Kaesang-Erina. Lokasi panggung hiburan diantaranya berada  di Loji Gandrung, Plaza Sriwedari dan depan museum Danar Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro