Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Surya Paloh dan Sederet Tokoh Penting yang Tak Datang di Nikahan Kaesang-Erina, Apa Alasannya?

Berikut adalah tokoh-tokoh penting yang tak datang di acara nikahan Kaesang-Erina Gudono.
Hesti Puji Lestari
Hesti Puji Lestari - Bisnis.com 10 Desember 2022  |  10:49 WIB
Surya Paloh dan Sederet Tokoh Penting yang Tak Datang di Nikahan Kaesang-Erina, Apa Alasannya?
Kaesang Pangarep dan Erina Gundono
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, sudah dilaksanakan sejak kemarin, Jumat, 9 Desember 2022.

Sementara akad nikah Kaesang-Erina akan dihelat di Pendopo Abarrukmo, Sleman, DIY pada, Sabtu, 10 Desember 2022 siang WIB.

Prosesi akan dilanjutkan dengan acar bertajuk Ngunduh Mantu oleh Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 11 Desember 2022 mulai pagi WIB.

Pernikahan Kaesang dan Erina menjadi salah satu acara akbar di Solo dan Jogja akhir tahun ini. Bahkan sampai dijadikan festival budaya.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir mengatakan di Solo, Jawa Tengah, pernikahan ini akan menjadi salah satu upaya untuk kembali membumikan adat istiadat yang sudah ada di berbagai daerah di Indonesia.

“Yang akan kita lakukan di Pernikahan Kaesang – Erina ini adalah Festival Budaya. Dimana kita membumikan kembali Pernikahan yang selama ini selalu Kebarat – baratan, agar kembali ke adat istiadat kita. Nah nanti (dalam prosesi Ngunduh Mantu Kaesang – Erina) akan digelar di Loji Gandrung yang akan diisi oleh proses Adatnya. Adapun di Pura Mangkunegaran, akan dilangsungkan Tasyakuran,” ujar Erick.

Rangkaian Festival Budaya tersebut didesain untuk mengajak keterlibatan warga Solo agar ikut hanyut dalam kebahagiaan yang dirasakan oleh kedua pengantin.

Meski menjadi acara akbar, namun ada juga beberapa tokoh penting yang memutuskan tidak datang di hajat Presiden Jokowi ini.

Berikut ini adalah beberapa tokoh yang tidak datang ke nikahan Kaesang-Erina, lengkap dengan alasannya:

1. Surya Paloh

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, tidak datang ke acara nikahan Kaesang-Erina karena sedang berada di Jerman untuk berobat.

2. Rizal Ramli

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga tidak datang karena memiliki agenda yang sama di Riau.

Rizal Ramli bahkan sudah meminta izin kepada Gibran Rakabuming Raka melaluk Twitter.

3. Gus Miftah

Gus Miftah juga menulis cuitan jika dirinya tidak bisa datang ke acara nikahan Kaesang-Erina karena sedang berada di Eropa.

"Terima kasih bapak Presiden @jokowi atas undangan resepsi pernikahan bro @kaesangp dan @erinagudono, dengan sangat menyesal dan bersedih belum bisa datang karena posisi saya masih di Eropa," tulis Gus Miftah.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaesang Jokowi
Editor : Hesti Puji Lestari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top