ChatGPT
Relationship

Intip 15 Cara Keatif Maksimalkan Kecanggihan ChatGPT yang Viral

Arlina Laras
Senin, 26 Desember 2022 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cukup banyak pengguna yang menilai ChatGPT bisa menggantikan Google. Sebab, ChatGPT yang merupakan chatbot milik OpenAI ini dapat memberi Anda jawaban atas pertanyaan apa pun yang Anda miliki.

Bahkan, layanan seolah-olah dapat menjadi teman bicara Anda, mulai dari topik yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, permasalahan kesehatan, asmara, teori ilmiah, hingga pertanyaan yang sifatnya kompleks. 

Meski layanan chatbot ini menggunakan bahasa Inggris, namun pengguna juga bisa menulis pertanyaan dalam bahasa Indonesia. Jawaban yang diberikan juga sesuai dengan tata bahasa yang mudah dimengerti.

Sejak prototipe ChatGPT diluncurkan ke publik pada akhir November dan tidak perlu instal aplikasi dari Google Play atau App Store. Banyak publik yang bertanya, apa saja yang bisa dilakukan dengan ChatGPT selain untuk membantu pekerjaan rumah? 

Melansir dari Make Use Of, nyatanya, ada banyak jenis ide kreatif yang bisa dicari untuk bisa mendapatkan jawaban menarik dari ChatGPT. Simak ulasannya. 

1. Fakta Menarik

ChatGPT mengetahui banyak hal tentang dunia kita, mulai dari fisika kuantum hingga cara membuat secangkir kopi yang enak. Jika Anda tidak tahu harus berkata apa saat pertama kali menggunakan ChatGPT, mulailah dengan menanyakan beberapa fakta menarik tentang dunia.

ChatGPT bisa dikatakan sangat mirip dengan Siri atau Alexa, sebuah asisten AI yang dapat memberi kita jawaban atas pikiran acak kita sepanjang hari. 

Meskipun ChatGPT tidak dirancang untuk mengakses World Wide Web, tetapi dia telah dilatih tentang data dari internet.

Sama seperti internet, bagaimanapun ChatGPT masih dalam tahapan pengembangan dan informasi yang disampaikan bisa saja salah. Jadi berhati-hatilah untuk tidak memercayai semua yang dikatakannya meskipun kedengarannya meyakinkan!

2. Pelajari Sesuatu yang Baru

Anda bisa menemukan hal secara lebih efisien menggunakan ChatGOT dibanding harus menelusuri postingan blog internet dengan segudang iklan. 

Bagaimana cara belajar bermain piano? Apa saja yang harus saya persiapkan sebagai pelukis pemula? Bagaimana agar bisa jago memasak kue yang lembut? 

Tentu, ini menjadi suatu yang sangat penting. Pelajari sesuatu yang baru hari ini dengan memasukkan pertanyaan-pertanyaan ini ke dalam ChatGPT.

3. Jelaskan Cara Kerja Sesuatu

Salah satu keunggulan ChatGPT adalah kemampanya dalam membantu orang untuk memahami ide-ide sulit. 

Dengan ChatGPT, Anda bisa memintanya untuk menjelaskan tema utama dalam novel terkenal atau menemukan benang merah dari banyaknya penjelasan. Plus, jika ada bagian tertentu dari jawaban yang tidak Anda dapatkan, cukup minta ChatGPT untuk mengklarifikasi poin tersebut.

4. Mengidentifikasi Kode yang Bermasalah

Kata-kata bukan satu-satunya bahasa yang dapat diucapkannya, ChatGPT juga memahami kode. Gunakan itu untuk membantu menghasilkan potongan kode untuk menghemat waktu Anda mengerjakan pekerjaan yang membosankan. 

Menariknya, Anda juga dapat menggunakan ChatGPT untuk mengidentifikasi masalah dengan kode komputer Anda dan menjelaskan dengan tepat mengapa kode tersebut tidak berfungsi.

5. Membuat Tulisan jadi Lebih Baik

Ada beberapa cara ChatGPT dapat membantu Anda belajar menulis dengan lebih baik. Anda dapat memintanya untuk mengoreksi tulisan Anda atau bahkan menyarankan bagaimana paragraf atau esai Anda dapat diperbaiki.

Bahkan, kini ChatGPT sudah seperti tesaurus. Coba jelaskan apa yang ingin Anda katakan dan mintalah untuk menyarankan beberapa kata yang cocok.

6. Membantu Menulis Pesan Formal dan Non Formal

Mungkin sulit mengirim email ke pemilik atau meminta cuti kerja dari bos, tetapi dengan ChatGPT, Anda akan selalu tahu persis bagaimana mengatur kata-kata Anda secara profesional. 

Anda hanya perlu menuliskan permintaan untuk ChatGPT membuat draf email sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga bisa meminta ChatGPT untuk  membantu Anda mengirim pesan kepada teman yang sedang mengalami masa sulit atau mengirimkan pesan manis kepada seseorang yang baru saja Anda kencani, ChatGPT dapat memberi Anda beberapa saran bagus.

7. Mengobrol dengan ChatGPT

Ketika hidup membuat Anda sedih, berbicara dengan seseorang dapat membantu. Sayangnya, tidak selalu memungkinkan untuk membagikan pemikiran Anda dengan teman atau keluarga, jadi mengapa tidak berbicara dengan ChatGPT saja?

Meskipun Anda tidak ingin membagikan informasi rahasia apa pun dengan asisten AI, Anda dapat menggunakannya untuk menuliskan perasaan Anda dan menjelajahi masalah yang menyebabkan Anda stres. Ini seperti menulis di buku harian tetapi dengan manfaat tambahan memiliki bot AI untuk membantu meletakkan segala sesuatunya dalam perspektif.

8. Dapatkan Saran OOTD

Dengan semua yang telah dipelajari ChatGPT tentang sejarah fesyen, maka layanan AI ini menjadi tempat yang sangat bagus untuk mencari saran OOTD? 

Bagaimana saya bisa melakukan mix and match pada celana jeans? Apa saja potongan pakaian yang androgini? Jangan takut, ChatGPT dapat membantu Anda tampil terbaik.

9. Jelajahi Ide Resep

Cara menyenangkan lainnya untuk menggunakan ChatGPT adalah dengan meminta ide resep. Ada banyak cara untuk mempersempit jawabannya, seperti meminta ide resep berdasarkan bahan yang Anda miliki.

Jika Anda tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan, cobalah meminta ChatGPT untuk membuatkan beberapa resep yang terjangkau. Jika Anda membutuhkan sesuatu yang bergizi, pastikan untuk memasukkannya ke dalam pertanyaan Anda.

10. Buat Cerita

Kemahiran ChatGPT dalam bahasa tertulis, dikombinasikan dengan kemampuannya untuk menghasilkan respons kreatif, membuatnya dapat dianggap sebagai pendongeng yang cukup baik. 

Salah satu cara yang dapat kita bayangkan menggunakan ChatGPT adalah membuat cerita pengantar tidur yang menyenangkan untuk anak-anak, menampilkan orang-orang di kehidupan nyata sebagai karakter dalam cerita.

11. Menulis Puisi

Selain membuat cerita, ChatGPT juga bisa membuat puisi. Anda dapat memintanya untuk menulis dengan gaya penulis terkenal seperti Shakespeare atau dalam format tertentu seperti pantun jenaka. Berikan saja sebuah topik, dan selesai!

12. Brainstorm Ide Kreatif

Jika Anda tidak memiliki ide kreatif, ChatGPT adalah sumber inspirasi yang hebat. 

Alih-alih mencari jawaban dan memperoleh ide klise di Google, ChatGPT bisa memberikan sebuah ide segar. 

Pembuat konten dan bisnis kecil pasti akan sangat terbantu dengan kehadiran ChatGPT yang berguna untuk bisa bertukar pikiran tentang jenis unggahan blog yang menarik atau membuat situs web yang diminati audience.

13. Sarankan Film/Acara TV

Bingung mau nonton apa? Anda, bisa gunakan ChatGPT untuk membantu. Mintalah untuk menyarankan film atau acara televisi berdasarkan genre yang Anda sukai, periode waktu, aktor tertentu, atau detail spesifik lainnya. Ini cara yang bagus untuk menemukan sesuatu yang baru untuk ditonton atau menemukan karya klasik hebat sepanjang masa.

14. Mengatasi Writing Block

Penulis biasanya mudah sekali mengalami stuck ide saat menulis. Maka, Anda bisa mulai menggunakan ChatGPT untuk membantu Anda melewati masalah tersebut. Nantinya, ChatGPT akan menyarankan judul artikel hingga bertukar pikiran dengan Anda soal topik yang ingin Anda angkat. 

Coba masukkan apa yang telah Anda tulis sejauh ini dan minta ChatGPT untuk mencantumkan beberapa judul alternatif.

Dengan ChatGPT memberikan sebuah topik, tentu ini akan sangat membantu penulis mendapatkan sudut pandang berbeda yang mungkin layak untuk ditulis hingga bisa mendorong masalah writing block Anda.

15. Gunakan ChatGPT sebagai Alat Pengajaran

Banyak orang khawatir tentang bagaimana ChatGPT dapat digunakan oleh siswa untuk menipu tugas, tetapi yang mengejutkan, guru mungkin menganggap ChatGTP sama bergunanya. Misalnya, dapat menghasilkan pertanyaan tes dengan banyak jawaban dalam hitungan detik, dan dapat dengan mudah memberikan komentar tertulis tentang bagaimana pekerjaan siswa dapat ditingkatkan.

Menggunakan ChatGPT sebagai alat pengajaran dapat membantu seorang guru mengefisiensikan waktu, sehingga mereka dapat berfokus pada tugas yang lebih penting. Manfaat teknologi AI inilah yang mendorong lebih banyak orang untuk memulai karir di AI.

Namun, seperti teknologi baru lainnya, ChatGPT masih dalam pengembangan, sehingga penting untuk diingat bahwa fakta yang disajikan tidak selalu benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro