Ragam Manfaat Salak yang Jarang Diketahui (pixabay)
Health

Kandungan dan Manfaat Salak untuk Kesehatan, Baik untuk Diet

Nuraini
Kamis, 2 Februari 2023 - 21:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salak merupakan salah satu buah yang mudah dijumpai. Buah ini memiliki kulit bersisik dengan rasa yang manis dan teksturnya renyah.

Selain rasanya yang enak, kandungan nutrisi dan manfaat salak juga sangat beragam. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Salak

Sebelum mengenal lebih jauh tentang manfaat buah salak bagi kesehatan, tak ada salahnya untuk mengetahui kandungan nutrisi buah ini. Berdasarkan keterangan di Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut ini beberapa kandungan nutrisi dalam buah salak.

  • Air: 78 g
  • Energi: 77 kal
  • Protein: 0,4 g
  • Karbohidrat: 20,9 g
  • Abu: 0,7 g
  • Kalsium: 28 mg
  • Fosfor: 18 mg
  • Besi: 4,2 mg
  • Tembaga: 0,08 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Beta karoten: 4 mcg
  • Vitamin B1: 0,04 mg
  • Vitamin C: 2 mg

Manfaat Salak untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang beragam membuat buah ini mempunyai banyak manfaat. Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat salak bagi kesehatan.

1. Melancarkan saluran pencernaan

Sejauh ini banyak diantara kita yang mengira bahwa konsumsi salah bisa menyebabkan sembelit. Padahal, salah satu manfaat salak untuk pencernaan bisa melancarkan sistem pencernaan.

Hal tersebut dikarenakan, buah ini mengandung nutrisi seperti serat, saponin, tanin, flavonoid, beta karoten, dan kalsium yang bisa menunjang sistem pencernaan. Selain itu, tanin dalam salak juga bisa menunjang kesehatan usus dan mengatasi masalah pada saluran pencernaan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Selain bermanfaat untuk melancarkan sembelit, salak juga bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat salak untuk diet ini ditunjang oleh kandungan serat dan antioksidan dalam salak. Kandungan ini bisa memicu rasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, manfaat buah salak untuk diet juga ditunjang oleh kandungan karbohidrat dan kalsium. Nutrisi tersebut bisa mendukung keperluan energi saat Anda sedang diet.

3. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat buah salak untuk kesehatan lainnya yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan. Kedua senyawa tersebut juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Melancarkan sistem peredaran darah

Manfaat makan buah salak lainnya yaitu bisa membantu melancarkan sistem peredaran darah. Manfaat ini ditunjang oleh kandungan zat besi yang ada dalam salak.

Dalam situs University of California San Francisco menyebutkan bahwa zat besi merupakan komponen dari hemoglobin. Perlu dipahami bahwa hemoglobin merupakan zat di dalam sel darah merah yang fungsinya untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

5. Mencegah komplikasi pada ibu hamil

Salah satu manfaat buah salak untuk ibu hamil yaitu bisa mencegah terjadinya komplikasi pada ibu hamil. Manfaat ini diperoleh dari kandungan nutrisi dalam buah tersebut.

Kandungan vitamin C dalam salak berperan penting untuk mencegah penyakit darah tinggi, anemia, preeklamsia, hingga kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

6. Membuat kulit lebih cerah

Buah salak juga diketahui bisa membantu mencerahkan kulit. Manfaat salak untuk wajah ini ditunjang oleh vitamin C dan antioksidan dalam buah ini. Kandungan flavonoid dalam ekstrak buah salak diketahui bisa mengurangi produksi melanin, sehingga bisa digunakan untuk membuat krim kulit.

Efek Samping Buah Salak

Meskipun manfaat makan salak sangat beragam, konsumsi salah berlebih bisa menyebabkan efek samping kurang baik bagi tubuh. dr. Veranita dalam SehatQ, efek samping buah salak bisa menyebabkan sakit maag kambuh.

Hal tersebut dikarenakan salak mengandung serat yang tinggi sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna dan bisa juga memicu rasa nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro