Ilustrasi keluarga
Health

Ini Tips Untuk Lebaran yang Lebih Sehat

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 21 April 2023 - 00:21
Bagikan

4. Pastikan Anda makan dalam porsi kecil dan sering

Menelan makanan yang besar dan berat dalam sekali makan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan sering. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mencerna makanan dan juga menstimulasi metabolisme Anda.

5. Perhatikan ukuran porsi

Mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak biasa Anda konsumsi saat perayaan seperti Idulfitri adalah hal yang wajar. Namun, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan ukuran porsi makan agar dapat mengelola kadar gula darah dan menghindari makan dengan porsi berlebih. 

Usahakan untuk mengisi perut Anda dengan sayur yang cukup, dengan begitu akan membantu Anda untuk merasa lebih kenyang. Perhatikan pula untuk berhenti makan sebelum Anda merasa kenyang. Anda juga dapat menggunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil karena hal tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatur porsi makan Anda.

6. Penuhi kebutuhan serat Anda

Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang baik dan menyediakan protein nabati yang secara alami rendah garam dan lemak jenuh. Di saat Lebaran kacang-kacangan ini dapat dijadikan sebagai pengganti beberapa pilihan daging merah atau daging olahan yang akan menurunkan asupan garam dan lemak jenuh Anda.

Saat Lebaran Anda akan disuguhkan oleh banyak makanan, termasuk olahan daging. Namun, terlalu banyak makan daging merah tidak baik untuk jantung Anda dan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

7. Pastikan untuk tetap aktif

Gunakanlah momen Lebaran ini untuk tetap aktif berolahraga, salah satunya dengan bersilaturahmi ke beberapa rumah tetangga karena dengan begitu Anda juga dapat menggunakan waktu silaturahmi ke beberapa rumah sambil berolahraga (jalan santai). Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, tekanan darah, dan lemak darah Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro