Seseorang yang tidak bisa mengendalikan diri saat marah/ifranchise
Health

Apa Itu Self-control? Simak Cara Melakukan Pengendalian Diri dengan Benar

Kresensia Kinanti
Senin, 26 Juni 2023 - 19:31
Bagikan

Cara Meningkatkan Self-Control

Beberapa peneliti percaya bahwa pengendalian diri atau self control sebagian ditentukan oleh genetika. Namun, pengendalian diri juga merupakan keterampilan yang dapat diperkuat dengan latihan.

1. Menghindari Godaan

Menghindari godaan menjadi salah satu langkah efektif untuk memaksimalkan pengendalian diri. Godaan dapat terjadi dalam bentuk apa saja, seperti makanan, berbelanja, dan melakukan tindakan tertentu.

Cara untuk menghindari godaan adalah dengan membuat rencana lebih dulu, praktik melakukan kontrol diri, mencari pengalih perhatian yang sehat, dan fokus dengan satu gol dalam satu waktu.

2. Membuat Rencana ke Depan

Pertimbangkan situasi yang mungkin dapat mematahkan tekad Anda. Jika Anda dihadapkan pada godaan, tindakan apa yang akan Anda lakukan agar tidak menyerah? Membuat perencanaan ke depan diketahui dapat meningkatkan tekad seseorang ketika berada dalam situasi tersebut.

3. Berlatih menggunakan kontrol diri

Meskipun pengendalian diri mungkin akan berkurang dalam jangka pendek, kemampuan pengendalian diri akan meningkat jika kita melakukannya dengan teratur. Hal ini bisa membantu meningkatkan kemauan dan tekad kita dari waktu ke waktu.

Bayangkan pengendalian diri sebagai sebuah otot. Meskipun kerja keras dapat menguras otot dalam jangka pendek, otot akan menjadi lebih kuat seiring berjalannya waktu saat Anda terus melatihnya.

4. Meditasi

Meditasi adalah cara yang tepat untuk memperkuat otot pengendalian diri. Jika Anda baru mengenal meditasi, meditasi kesadaran adalah tempat yang tepat untuk mulai belajar bagaimana menjadi lebih sadar diri sehingga Anda dapat menahan godaan dengan lebih baik.

Teknik ini juga dapat membantu Anda belajar untuk memperlambat pikiran Anda, yang dapat membantu Anda mengendalikan impuls-impuls yang dapat menghalangi pengendalian diri Anda.

5. Mencari bantuan jika dibutuhkan

Mintalah dukungan dari orang terdekat untuk memberikan motivasi dan pengingat agar Anda tetap berada di jalur yang benar dalam membangun pengendalian diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro