Obat Asam Urat
Health

Obat Asam Urat Alami yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

Hana Fathina
Senin, 17 Juli 2023 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.

Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri hebat tiba-tiba yang paling sering terjadi di jempol kaki. Dalam jangka Panjang, kadar asam urat tinggi yang tidak terkontrol meningkatkan risiko batu ginjal.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui obat asam urat agar tidak semakin parah

Asam urat tidak selalu berhasil diatasi dengan menerapkan pola makan sehat. Oleh karena itu, obat asam urat perlu dikonsumsi terutama bagi penderita asam urat yang sering terkena serangan nyeri dan juga menderita diabetes dan hipertensi. 

Obat Asam Urat Alami 

1. Jahe

Jahe topikal bisa mengurangi rasa sakit yang terjadi pada asam urat. Tanaman ini bisa menurunkan kadar asam urat. Jika kamu ingin mencoba obat asam urat ini, caranya rebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit. 

2. Seledri atau Biji Seledri 

Seledri adalah sayuran yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran tersebut sudah menjadi obat asam urat alami yang populer. 

3. Cuka Sari Apel, Jus Lemon dan Kunyit

Jika ketiga bahan ini digabungkan, mereka bisa menjadi minuman obat asam urat yang alami dan enak. Cara membuatnya adalah campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Kamu bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut sebanyak 2-3 kali sehari. 

Obat Asam Urat Herbal 

4. Kembang Sepatu 

Menurut penelitian tentang kembang sepatu dari Journal of Functional Foods, kadar asam urat pada tikus yang diberikan ekstrak kembang sepatu menurut cukup signifikan. Biasanya ekstrak kembang sepatu dikonsumsi dalam bentuk suplemen tablet atau teh. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas penggunaannya sebagai obat asam urat herbal pada manusia. 

5. Tanaman Jelatang 

Tanaman herbal ini dipercaya bisa menjadi obat tradisional untuk asam lambung. Dilansir dari Arthritis Foundation, sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ekstrak tanaman jelatang mengandung zat anti radang bernama hox alpha, yang bisa menekan pelepasan sitokin sebagai pemicu peradangan pada persendian. 

Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

1. Daging Merah 

Purin yang terkandung dalam daging merah masih tergolong sedang dan tidak terlalu tinggi. Jadi, jika kamu menderita asam urat masih bisa mengkonsumsi daging merah namun perlu dibatasi jumlahnya. Batas mengkonsumsi daging merah maksimal 100 gram dalam sehari. 

2. Jeroan 

Jeroan hewan seperti jantung, babat, hati, ampela usus dan yang lainnya diketahui memiliki purin yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan terlebih Ketika asam urat sedang kambuh. 

3. Sayur Bayam 

Sayur bayam mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Bahkan, dalam 100 gram sayur belum diketahui terdapat kurang lebih 57 gram purin. 

4. Asparagus 

Asparagus merupakan salah satu sayur yang menyebabkan asam urat. Memang asparagus memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi sehingga bisa membantu menjaga Kesehatan tubuh. Akan tetapi, asparagus diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi juga. Hal inilah yang mengakibatkan asparagus termasuk pantangan asam urat.

Itulah beberapa obat asam urat alami dan makanan pantangan penderita asam urat yang perlu kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro