Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisakah Asam Urat Menyerang Anak Muda? Ini Cara Mengobatinya

Asam urat ternyata tidak hanya menyerang orang berusia tua namun juga bisa menyerang anak muda lho.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 25 November 2022  |  22:05 WIB
Bisakah Asam Urat Menyerang Anak Muda? Ini Cara Mengobatinya
Asam urat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit asam urat yang dalam istilah medis disebut sebagai gout, sering dikaitkan dengan usia yang lebih tua. Laman Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes menyebut, penyakit ini lebih sering menyerang pria yang berusia lebih dari 30 tahun dan pada wanita di usia menopause.

Tapi apakah asam urat dapat menyerang orang di usia muda?

Laman Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes mengungkap, asam urat merupakan penyakit radang sendi yang terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat. Tempatnya biasanya di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, serta yang paling umum di jempol kaki.

Penyebab penumpukan kristal asam urat ini adalah kondisi tertentu seperti diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit tiroid, anemia, hipertensi, tinggi kolesterol, obesitas dan sleep apnea. Semua kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh menghasilkan asam urat berlebihan. 

Faktor risikonya seperti mempunyai keluarga dengan riwayat penyakit ini,  pernah alami cedera atau pembedahan, mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula, sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan purin yang dapat memicu asam urat seperti daging merah, jeroan hewan, ataupun ikan kaya akan omega-3.

Maka karena penyebabnya juga berkaitan dengan gaya hidup, laman ners.unair dalam artikel berjudul “Asam Urat di Usia Muda” menyebutkan, asam urat dapat diderita oleh orang dengan usia muda jika tidak mengatur pola makan dan merasa bebas untuk mencoba banyak hal.

Bagaimana cara mengobati asam urat pada usia muda?

Laman Direktur Jenderal Pelayanan Kemenkes menjelaskan, pengobatan penyakit asam urat adalah dengan mengonsumsi obat asam urat. Jumlah pemberian obat ini bergantung pada tingkat keparahan penyakit yang diderita.

Ada beberapa rekomendasi obat asam urat alami yang cukup menarik untuk anak muda, seperti konsumsi jus ceri, jahe, cuka sari, jus lemon dan kunyit dan seledri ataupun biji seledri. 

Kini banyak influencer makanan yang kerap membagikan tips untuk mengolah makanan sehat agar menjadi lebih menyenangkan saat dikonsumsi. Beberapa bahan alami tadi bisa digunakan dengan cara-cara tersebut.

Namun, perubahan gaya hidup juga diperlukan. Tidak hanya untuk mencegah penyakit ini timbul, perubahan gaya hidup juga bisa mengurangi gejala yang timbul ketika sudah kadung terserang penyakit asam urat.

Perubahan gaya hidup yang dimaksud meliputi:

Mengurangi asupan alkohol: Meskipun masih dalam usia muda, tetapi alkohol dapat memicu banyak penyakit.
Menurunkan berat badan: Salah satu cara mengobati asam urat adalah dengan menurunkan berat badan.
Berhenti merokok: Sama seperti alkohol, merokok juga menimbulkan sejumlah masalh kesehatan yang merugikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asam urat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top