Victoria Falls: Zambia and Zimbabwe
Travel

7 Perbatasan Negara Paling Unik, Ada yang Dibatasi Oleh Air Terjun

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 Oktober 2023 - 19:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia terbagi menjadi benua, negara bagian, negara, dan provinsi berdasarkan batas atau perbatasan.

Demarkasi ini memainkan peran penting dalam memisahkan identitas budaya dan tradisi. Perbatasan merupakan hal mendasar bagi organisasi dan tata kelola masyarakat yang efektif.

Meskipun banyak perbatasan disebabkan oleh perbedaan linguistik atau geografis, ada beberapa perbatasan yang asal usulnya agak aneh.

Berikut beberapa perbatasan tidak biasa yang mungkin belum Anda kenal!

1. Air Terjun Victoria: Zambia dan Zimbabwe

Juga dikenal sebagai 'Asap yang Bergemuruh', ada perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe di Sungai Zambezi. Di antara air terjun terbesar di dunia, air terjun ini memikat wisatawan dari seluruh dunia.

Air terjun ini mengalir dari ketinggian lebih dari 100 m, menciptakan kabut yang terlihat dan menawarkan berbagai aktivitas seperti bungee jumping, arung jeram, dan banyak lagi.

Ini adalah keajaiban alam yang wajib dikunjungi, dan merupakan pemandangan menakjubkan yang dapat disaksikan dari kedua sisi perbatasan.

2. Bir-Tawil: Mesir dan Sudan

Juga dikenal sebagai segitiga Bir-Tawil, merupakan wilayah yang dikelilingi oleh Mesir di utara dan Sudan di barat, timur, dan selatan. Meskipun memiliki empat sudut, wilayah ini sering diabaikan oleh kedua negara karena kurangnya tantangan medan dan sumber daya.

Akibatnya, tidak ada yang mengklaim kepemilikan wilayah ini. Dalam proses pembuatan perbatasan bersejarah yang melibatkan Inggris dan Mesir, Bir-Tawil dimasukkan dalam perbatasan pertama tetapi tidak dimasukkan dalam perbatasan kedua.

Menariknya, para pelancong dengan senang hati memasang bendera di wilayah yang tidak diinginkan ini, dan menyatakan bahwa wilayah tersebut adalah milik mereka.

3. Perpustakaan Haskell dan Gedung Opera: Amerika Serikat dan Kanada

Perbatasan Quebec, Vermont, Kanada, dan Amerika Serikat menjadi unik karena sengaja ditempatkan Perpustakaan Gratis Haskell dan Gedung Opera. Sengaja dibangun di perbatasan untuk menawarkan pengayaan budaya dan intelektual bagi kedua belah pihak.

Pintu masuk perpustakaan berada di Amerika Serikat, tetapi semua bukunya ada di Kanada. Pelaku berada di Kanada, sedangkan penonton berada di AS, dan ruang baca berada di wilayah internasional. Ini memang perbatasan yang luar biasa.

4. Hotel Arbez: Prancis dan Swiss

Ini adalah tempat luar biasa yang terletak di perbatasan Perancis dan Swiss. Hotel ini terbagi secara unik, karena separuhnya berada di Swiss, sementara separuh lainnya berada di Prancis. Pengaturan khusus ini memungkinkan para tamu menjelajahi kedua negara dengan lancar tanpa harus meninggalkan area hotel.

Lokasi perbatasan hotel yang luar biasa ini melayani wisatawan yang mencari pengalaman berkesan dan khas. Selain itu, hotel ini secara harmonis memadukan budaya Swiss dan Prancis, memberikan pengunjung pengalaman menginap yang mendalam dan memperkaya.

5. Air Terjun Iguazu: Argentina dan Brasil

Dengan lebih dari 270 air terjun di Sungai Iguazu, tempat ini terkenal karena keindahannya yang menakjubkan. Ini melintasi perbatasan Brasil dan Argentina, dengan Tenggorokan Setan sebagai air terjun paling terkenal, yang merupakan jurang berbentuk U setinggi 82 m dan lebar 150 m.

Air terjun ini dikelilingi oleh hutan hujan subtropis yang rimbun, menarik baik para pencari petualangan maupun pecinta alam. Wisatawan dapat melihat air terjun dari berbagai titik di sisi Argentina dan Brasil, melakukan perjalanan perahu, dan juga berjalan-jalan di sepanjang jalur layang di sisi Argentina untuk menikmati pemandangan yang indah.

6. DMZ Korea: Korea Utara dan Selatan

Zona Demiliterisasi Korea, atau DMZ, adalah jalur sempit di dekat Paralel Utara ke-38 yang memisahkan Korea Utara dan Selatan. Didirikan pada akhir Perang Korea pada tahun 1953, zona netral ini membentang sekitar 240 km melintasi semenanjung. Meskipun berstatus demiliterisasi, DMZ Korea merupakan perbatasan yang tidak biasa dan menyedihkan karena perang tidak pernah berakhir secara resmi, dan gencatan senjata masih berlanjut hingga hari ini.

7. San Diego-Tijuana: Amerika Serikat dan Meksiko

Wilayah San Diego-Tijuana, yang berada di perbatasan AS-Meksiko, merupakan kota metropolitan dua negara yang menonjol dengan hampir 5 juta penduduk pada tahun 2012, menjadikannya wilayah lintas batas terbesar.

Meskipun perbatasan ini memiliki pos pemeriksaan dan pagar seperti perbatasan internasional lainnya, yang membedakan wilayah ini adalah masyarakat dapat dengan bebas berinteraksi dan berkomunikasi melalui pagar tersebut, sehingga menciptakan lingkungan yang dinamis dan ramah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro