Kota Vatikan/Istimewa
Travel

5 Negara di Dunia yang Tidak Punya Bandara

Redaksi
Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Mungkin terdengar sulit dipercaya, namun memang ada beberapa negara di dunia yang masih belum memiliki bandara.

Salah satu alasan tidak adanya bandara di negara-negara ini adalah karena kondisi serta kendala geografi negara tersebut yang tidak memungkinkan untuk memiliki bandara.

Melansir laman Times of India, berikut 5 negara di dunia yang tidak memiliki bandara.

1. San Marino

Terletak di dekat Kota Vatikan, San Marino memiliki keistimewaan sebagai salah satu negara tertua di dunia. Dikelilingi oleh Italia, San Marino tidak memiliki akses ke laut, dan karena ukurannya yang kecil, negara ini tidak memiliki bandara.

Untungnya, medan negara yang relatif datar dilintasi oleh infrastruktur jalan yang luas, sehingga memudahkan pergerakan orang ke luar negeri dan menyediakan akses ke berbagai bagian Italia ke segala arah.

Salah satu bandara terdekat dari San Marino terletak di Rimini, Italia. Meskipun tempat ini relatif kecil, bandara ini berfungsi sebagai pusat transportasi penting bagi penduduk setempat dan wisatawan yang berkunjung ke San Marino.

Selain itu, wisatawan juga memiliki akses ke berbagai bandara terdekat lainnya, termasuk bandara di Bologna, Florence, Venesia, dan Pisa, yang sering digunakan untuk menuju ke negara ini.

2. Kota Vatikan

Kota Vatikan merupakan negara terkecil di dunia, dengan populasi sekitar 800 penduduk. Ukuran negara yang kecil ini menawarkan ruang yang minim untuk pendaratan pesawat, sedangkan tidak ada sungai atau perairan untuk memfasilitasi transportasi alternatif.

Namun demikian, bandara terdekat dengan negara ini, yaitu Fiumicino dan Ciampino, yang dapat dicapai dalam waktu kurang dari 30 menit dengan kereta api.

3. Andorra

Dibanding negara lainnya, Andorra memiliki wilayah daratan yang lebih luas. Namun, kendala geografis yang dihadapinya adalah keberadaan pegunungan.

Negara yang terletak di antara Prancis dan Spanyol ini, seluruhnya dikelilingi oleh pegunungan Pyrenees, yang memiliki puncak-puncak yang tingginya mencapai hampir 3000 m. Mengoperasikan pesawat di ketinggian seperti itu menjadi sangat berisiko dan rumit, sehingga Andorra memutuskan untuk tidak memiliki bandara sendiri.

Sebagai gantinya, para pelancong dapat memilih penerbangan ke kota-kota terdekat seperti Lérida, Barcelona, atau Girona, yang semuanya terletak dalam radius 200 km.

4. Monako

Monako adalah negara terkecil kedua di dunia setelah Kota Vatikan yang tidak memiliki bandara. Dikelilingi oleh Prancis di tiga sisinya, wisatawan yang ingin menikmati negara ini harus memesan taksi atau menaiki kapal setelah tiba di Bandara Nice Côte d'Azur, Prancis.

5. Liechtenstein

Terdiri dari perbukitan dan lereng yang landai, Liechtenstein adalah negara kecil lainnya, dengan luas wilayah kurang dari 75 km.

Karena keterbatasan ruang, bahkan jika Liechtenstein ingin membangun bandara, kemungkinan besar harus merambah wilayah yang sebagian menyeberangi Sungai Rhine di sebelah timur dan mendekati pegunungan Austria di sebelah barat.

Untuk menghindari potensi konflik diplomatik dengan negara-negara tetangga, Liechtenstein memilih untuk tidak membangun bandara. Oleh karena itu, orang-orang di negara ini mengandalkan mobil atau bus untuk mengakses Bandara Zurich, yang berjarak sekitar 120 km. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro