Ilustrasi cabai/Reuters
Health

Simak Manfaat Minyak Cabai Bagi Kesehatan

Redaksi
Sabtu, 4 November 2023 - 12:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bumbu pedas atau minyak cabai menjadi tambahan lezat untuk masakan tetapi juga merupakan pilihan yang menyehatkan.

Minyak cabai dibuat dengan memasukkan minyak ke dalam cabai, menawarkan banyak manfaat kesehatan yang potensial, terutama karena senyawa aktif capsaicin yang ada dalam cabai. Minyak cabai belakangan ini banyak digunakan di setiap kalangan.

Meskipun begitu menambahkan minyak cabai ke dalam makanan tetap harus memperhatikan takarannya, karena konsumsi juga dapat menyebabkan diare.

Dilansir berbagai sumber, berikut manfaat minyak cabai yang wajib kamu ketahui: 

1. Pereda Nyeri

Minyak cabai mengandung capsaicin, senyawa yang berpotensi meredakan nyeri dan ketidaknyamanan dengan menghalangi sinyal nyeri yang dikirim ke otak.

2. Manajemen Berat Badan

Capsaicin dalam minyak cabai dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori dan mengurangi nafsu makan yang dapat memfasilitasi penurunan berat badan.

3. Kesehatan Jantung 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak cabai dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit terkait jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi. Peradangan.

4. Kekuatan Antioksidan

Cabai kaya akan antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat molekul berbahaya, sehingga berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis.

5. Manfaat Antiinflamasi 

Capsaicin dalam minyak cabai juga melawan peradangan, sehingga dapat meringankan kondisi seperti arthritis.

6. Peningkatan Pencernaan 

Minyak cabai meningkatkan produksi cairan pencernaan di perut, yang dapat meningkatkan pencernaan. Selain itu, minyak cabai menawarkan perlindungan terhadap sakit maag dengan menghilangkan bakteri berbahaya.

7. Kesehatan Sinus dan Pernafasan 

Minyak cabai pedas dapat menghilangkan kemacetan dan mempermudah pernapasan dengan melebarkan saluran udara. Capsaicin bahkan dapat memberikan bantuan kepada individu dengan masalah pernapasan.

8. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin dan antioksidan yang ditemukan dalam cabai memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuannya untuk melawan infeksi. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro