Pedagang cabai rawit./Bloomberg-Dimas Ardian
Health

6 Khasiat Cabai Hijau untuk Kesehatan

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 - 10:16
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Cabai hijau atau dalam bahasa ilmiah disebut Capsium frutescens adalah salah satu bahan pangan nabati yang umum digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada makanan.

Rasa pedas pada cabai hijau berasal dari bahan kimia yang disebut capsaicin. Selain memberikan rasa pedas, capsaicin juga memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh.

Melansir laman India Today, berikut adalah 6 manfaat cabai hijau untuk kesehatan.

1. Kaya akan vitamin dan mineral

Cabai hijau merupakan sumber vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, dan zat besi.

2. Menjaga berat badan

Cabai hijau mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Capsaicin cipercaya mampu meningkatkan metabolisme dan membantu mengontrol berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori.

3. Meredakan rasa sakit

Capsaicin yang terkandung dalam cabai hijau juga memiliki sifat analgesik dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan krim atau salep untuk menghilangkan rasa sakit, seperti pada kasus artritis atau nyeri otot.

4. Kesehatan pencernaan

Mengonsumsi cabai hijau dalam jumlah tepat dapat mendukung kesehatan pencernaan. Cabai hijau dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan merangsang produksi cairan pencernaan dan meningkatkan aliran darah ke perut.

5. Kesehatan jantung dan pembuluh darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa capsaicin yang terkandung dalam cabai hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah.

6. Sifat antioksidan

Cabai hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh. Antioksidan berperan dalam mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro