Ilustrasi kucing/istimewa
Health

Kucing Bisa Merasakan Sedih, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Minggu, 10 Desember 2023 - 16:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda pernah melihat kucing dengan ekspresi memelas, terlihat lesu, dan tidak bersemangat? Padahal, biasanya gemar bermain lalu mendadak jadi pendiam? Ternyata kucing juga memiliki perasaan.

Sama seperti manusia, setiap kucing juga memiliki kepribadian dan karakternya masing-masing. Ada yang ramah, aktif, manja, penyendiri, agresif, dan lainnya. 

Walaupun biasanya kucing terlihat stabil dan gembira, Anda juga harus memahami kondisi kucing dikala sedih. 

Beberapa penyebab umum kucing merasa sedih atau ketidakpuasan, yaitu penyakit, kebosanan, berduka karena kehilangan hewan peliharaan yang terikat dengannya, pindah ke tempat baru, hingga sedang mengalami depresi.

Berikut ciri-ciri kucing saat sedih:

1. Perubahan Suara

Tanda anabul Anda sedang bersedih yaitu perubahan suara atau intensitasnya. Nada suara kucing akan terdengar melengking dan terasa getir.

2. Menunjukkan Bahasa Tubuh Tertentu

Bahasa tubuhnya yang menunjukkan apabila kucing sedang bersedih di antaranya adalah telinga mengarah ke belakang, ekor yang terselip, bulu berdiri tegak, dan lain sebagainya. 

3. Tidur Berlebihan

Kucing yang sedih dapat menghabiskan waktu tidur lebih banyak dari biasanya hingga tidak memiliki energi untuk bergerak. 

4. Tidak Melakukan Grooming Atau Berlebihan Melakukannya

Tanda lainnya perhatikan jika kucing Anda jarang melakukan grooming atau berlebihan grooming dirinya sendiri. Wajib diwaspadai, ciri ini dapat menandakan kucing sedang sakit.

5. Kehilangan Nafsu Makan

Kalau kucing Anda tiba-tiba malas atau tidak nafsu makan meski itu makanan favoritnya, mungkin hal itu menjadi pertanda kalau dia sedang sedih.

Cara Mengatasi Jika Kucing Merasa Sedih

Ada berbagai cara untuk membuat kucingmu bersemangat lagi dan melupakan kesedihan atau depresinya.

1. Adopsi Anabul Lain untuk Menemani Kucing Anda

Ketika kucing telah terbiasa bermain dengan kucing lainnya, tetapi tiba-tiba kucing tersebut meninggal sehingga kucing tidak punya teman bermain. Maka, Anda bisa memberinya anabul lain sebagai teman bermain atau kalian sendirilah yang luangkan waktu setiap hari selama 15-30 menit untuk bermain dengannya.


2. Jangan Biarkan Kucing Merasa Bosan

Anda dituntut kreatif untuk membuat kucing bersemangat lagi. Berikan hal-hal baru yang bisa memicu rasa penasarannya.


3. Berikan Tempat yang Nyaman

Terkadang, kucing hanya butuh waktu untuk berdamai dengan kesedihannya. Anda bisa memberikan tempat berlindung yang nyaman di dalam rumah seperti kotak atau kandang.


4. Bawa ke Dokter Hewan

Kalau upaya-upaya di atas terlihat tidak bekerja, jalan terakhir yang dapat Anda lakukan adalah segera membawa anabul ke dokter hewan. Hal ini penting untuk dilakukan untuk melihat apakah ada penyakit berbahaya dan biasanya dokter memberikan obat sesuai dosis. (Syahra Fauzia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro