Ikan buntal memiliki racun dan berbahaya saat dikonsumsi manusia
Health

Kenali 10 Fakta Ikan Buntal, Sangat Beracun Bisa Menyebabkan Kematian

Redaksi
Kamis, 7 Maret 2024 - 19:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ikan buntal menjadi viral dan ramai diperbincangkan di medsos, karena di Tiktok dan Instagram muncul video pendek, tentang 3 orang meninggal usai mengonsumsi ikan buntal.

Dilansir dari fda.gov, The Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan kepada para restoran dan pasar ikan yang menyajikan atau menjual ikan buntal, untuk tidak membeli atau menjual ikan kecuali diperoleh dari sumber yang aman.

Simak fakta ikan buntal:

1. Ikan buntal dikonsumsi di Jepang

Meskipun menjadi salah satu hewan yang mematikan, di Jepang ikan ini tetap dikonsumsi. Namun, hanya juru masak yang sudah profesional saja dan terlatih selama tiga tahun yang boleh melakukan pengolahan pada ikan ini. 

Antara tahun 1996 dan 2006, tercatat ada 44 insiden keracunan akibat mengonsumsi ikan buntal di Jepang.


2. Mengandung racun

Ikan buntal mengandung racun tetrodotoxin dan saxitoxin yang sangat kuat dan lebih mematikan dari sianida. Apabila seseorang mengonsumsinya, akan berdampak fatal yakni dapat menyebabkan kematian. 

Dilansir dari cococollection.com, saat ikan buntal mengembang, racun dilepaskan ke kulit seseorang. Racun ini akan merusak sistem saraf, yakni dengan menghalangi saluran komunikasi antara otak dan tubuh, sehingga menyebabkan gangguan pada kesehatan, seperti kelumpuhan.


3. Efek mengonsumsi ikan buntal

Efek samping yang diberikan ketika mengonsumsi ikan ini, yaitu antara 20 menit dan 3 jam setelah makan akan mengalami mati rasa, dimulai pada bibir, kemudian ujung lidah dan ujung jari. 

Efek lain yang ditimbulkan, yakni rasa sakit pada bagian kepala yang mengakibatkan keseimbangan tubuh menjadi tidak stabil saat berjalan. Selain itu, merasakan sakit pada bagian perut hingga menyebabkan mual dan muntah.

4. Penyakit yang ditimbulkan 

Mempunyai kandungan beracun, mengonsumsi ikan buntal dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti berikut ini.

1. Kelumpuhan sensorik

2. Kelumpuhan motorik

3. Gagal paru-paru

4. Jantung

5. Tekanan darah turun

6. Kesulitan bernafas


4. Menyebabkan kematian

Ikan buntal dapat dikonsumsi apabila diolah dengan tenaga profesional. Jika, dalam pengolahannya salah akan menyebabkan kematian pada orang yang mengonsumsinya. Hanya dengan mengonsumsi 10 gram ikan buntal, dapat menyebabkan kematian. 

Setelah mengonsumsi ikan buntal, beberapa saat kesadaran masih tetap jelas. Namun, saat kesadaran hilang, jantung dan pernafasan akan terhenti, hingga mengakibatkan pada kematian.

Dilansir dari hokeniryo.metro.tokyo.lg.jp, jumlah kematian yang disebabkan karena mengonsumsi ikan buntal sangat tinggi dibandingkan dengan bentuk keracunan makanan lainnya.

5. Jenis ikan buntal yang beracun

Dilansir dari twofishdivers.com, ikan buntal mempunyai 120 spesies di seluruh dunia. Ikan buntal banyak ditemukan diperairan laut tropis dan subtropis. Jenis ikan buntal sangat banyak, wajib untuk mengetahui jenis yang beracun agar tidak salah dalam mengonsumsinya. 

Berikut jenis ikan buntal yang beracun

1. Takifugu xanthopterus (Burung buntal belang)

2. Takifugu snyderi (Puffer vermikulitas)

3. Takifugu porphyreus (Buffer asli)

4. Takifugu pardalis (Panther puffer)

5. Takifugu poecilonotus (Puffer bermotif halus)

ikan buntal, bahaya ikan buntal, makan ikan buntal
ikan buntal, bahaya ikan buntal, makan ikan buntal

6. Bagian tubuh ikan buntal yang beracun

Berapa bagian tubuh ikan buntal mempunyai racun yang sangat mematikan apabila dikonsumsi. Bagian tersebut yaitu hati, usus, kulit dan gonad (ovarium dan testis). Jika, dalam pengolahan ikan buntal tidak dibersihkan dengan baik, daging ikan akan terkontaminasi racun tersebut. 


7. Semakin berwarna, semakin beracun

Dilansir dari growkido.com, satu ikan buntal cukup beracun dan dapat membunuh lebih dari 30 orang. Ketika, ingin memperkirakan tingkat racun pada spesies ikan buntal dapat dilihat melalui warna tubuhnya. Semakin cerah warna ikan buntal, maka semakin beracun. 


8. Makanan ikan buntal

Makanan ikan buntal yaitu invertebrata dan alga, makanan yang dikonsumsi ikan buntal mempunyai banyak bakteri, inilah yang menyebabkan timbulnya beberapa racun dalam tubuh ikan buntal.


9. Ikan buntal terancam punah

Meskipun ikan ini mengandung racun yang mematikan, tetapi mereka banyak diburu di seluruh dunia. Salah satu jenis ikan buntal yang terancam punah karena penangkapan yang sangat berlebihan, yakni Ikan buntal cina.


10. Mempunyai pertahanan alami

Ikan buntal mempunyai pertahanan diri yang cukup unik dibandingkan ikan lainnya. Ketika ada predator, ikan buntal akan menelan sejumlah besar air ke dalam perutnya yang elastis, kemudian dengan cepat akan mengubah dirinya menjadi seperti bola dan dikelilingi duri runcing pada sekitar tubuhnya. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro