Gedung-gedung di Manhattan terlihat dari puncak observatorium One Vanderbilt di Manhattan, New York City, AS, 14 April 2023./Reuters
Travel

Deretan Kota di Dunia yang Bakal Cetak Lonjakan Orang Terkaya Hingga 2040

Mutiara Nabila
Rabu, 18 September 2024 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah orang super kaya di dunia melonjak tahun ini, dengan Amerika dan China mendominasi jumlah orang super kaya terbanyak di dunia.

Namun, beberapa kota di dunia juga diperkirakan akan mengalami lonjakan jumlah orang kaya pada 2040 mendatang.  

Mengutip laporan Centi-Millionaire 2024 oleh Henley & Partners, saat ini, terdapat 29.350 individu super kaya di seluruh dunia dengan aset investasi likuid senilai US$100 juta atau lebih. 

Jumlah tersebut tumbuh sebesar 54% secara global selama dekade terakhir, tetapi dengan distribusi geografis ledakan orang superkaya yang tak begitu merata. 

Laporan Henley & Partners juga mengungkapkan bahwa sepertiga dari centi-millionaires di dunia tinggal di 50 kota utama di seluruh dunia.

AS masih mendominasi kota-kota kaya, mengklaim posisi ke-1, ke-2, dan ke-3 dalam 50 Kota Teratas untuk Centi-Millionaires, dan mencatat total 15 kota metropolitan dalam daftar elit.

Kota New York di posisi teratas dengan 744 penduduk centi-millionaires, diikuti oleh Bay Area (yang meliputi San Francisco dan Silicon Valley) dengan 675 orang. Selanjutnya, ada  Los Angeles dengan 496 penduduk super kaya. 

Selanjutnya, London, yang pernah dianggap sebagai ibu kota keuangan dunia dan pusat kekayaan global, kini hanya berada di peringkat ke-4 dalam 50 Kota Teratas untuk Centi-Millionaires dengan 370 penduduk superkaya. 

Kemudian, posisi berikutnya didominasi Asia dengan Beijing berada di posisi ke-5 di seluruh dunia dengan 347 centi-millionaire. Sementara Singapura, negara-kota yang jauh lebih unggul, menyusul di posisi ke-6 dengan 336 centi jutawan. 

Selanjutnya, ada Shanghai berada di posisi ke-7 dengan 322 centi jutawan dan Hong Kong berada di posisi ke-8, dengan 320 penduduk superkaya.

Baik Singapura maupun Hong Kong diperkirakan akan mencetak tingkat pertumbuhan centi-millionaire yang sangat tinggi, yakni lebih dari 100% dalam satu setengah dekade mendatang, hingga 2040.

Kemudian, di Eropa, Paris menempati posisi ke-10 dalam indeks kota centi-millionaire terbaru dengan 286 penduduk superkaya. Nice adalah satu-satunya kota Prancis lainnya di 50 Teratas dengan 95 centi-millionaire yang tinggal di sana.

Berdasarkan laporan tersebut juga, menjelang tahun 2040, diperkirakan lintasan pertumbuhan populasi centi-jutawan juga akan semakin dinamis. Beberapa kota di Asia dan Timur Tengah siap mengalami pertumbuhan eksplosif, dengan Hangzhou, Shenzhen, Taipei, Dubai, dan Abu Dhabi diproyeksikan mengalami peningkatan lebih dari 150% dalam komunitas centi-millionaire mereka.

Negara berkembang juga siap menorehkan prestasi dengan Riyadh di Arab Saudi dan Bengaluru di India keduanya diperkirakan akan menikmati pertumbuhan lebih dari 150% dalam populasi centi-millionaire mereka dalam 16 tahun ke depan.

Sebaliknya, beberapa ibu kota dunia yang sudah lebih maju seperti Chicago, Moskow, Zurich, dan Madrid diproyeksikan mengalami perlambatan pertumbuhan orang super kaya, yaitu kurang dari 50% antara sekarang dan 2040.

CEO Henley & Partners, Dr. Juerg Steffen, mengatakan bahwa hampir dua pertiga dari 50 Kota Teratas untuk Centi-Millionaires terletak di negara-negara yang menawarkan program migrasi investasi. 

“Konsentrasi ini berbicara banyak tentang keterkaitan kekayaan global dan daya tarik perencanaan tempat tinggal dan kewarganegaraan yang strategis. Di era ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya, pentingnya membangun portofolio strategis izin tinggal dan kewarganegaraan pelengkap yang memberi Anda hak akses pribadi ke berbagai yurisdiksi yang berbeda tidak pernah lebih jelas bagi para centi-millionaires," paparnya.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro