Ilustrasi/Corporatewellness
Relationship

7 Ketakutan dalam Karir Sebaiknya Dihindari

Andhina Wulandari
Selasa, 23 Desember 2014 - 08:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Dalam perjalanan karir setiap orang, pasti akan menemukan halangan, masalah, atau bahkan rasa khawatir jika apa yang Anda kerjakan tidak berhasil.

Memang wajar memiliki rasa ketakutan seperti itu, namun ada beberapa ketakutan dalam karir yang sebaiknya Anda hindari, seperti dilansir laman Learnvest.

1. Takut tantangan

Anda seharusnya berada di sekeliling orang-orang yang lebih pintar dari Anda. Jangan takut Anda akan kalah dari mereka, justru Anda harus bisa belajar untuk bisa menjadi seperti mereka. Jangan takut bila Anda mendapatkan tantangan dari mereka, sebaliknya jadikan hal itu sebagai cara untuk memperbaiki diri dan karir Anda.

2. Takut minta tolong

Jauhkan anggapan bahwa Anda bisa sukses dengan sendirinya. Kadang, dalam hal-hal tertentu, Anda akan butuh bantuan orang lain dan itu wajar. Jangan takut dianggap tidak kompeten saat Anda meminta bantuan, karena Anda pun bisa belajar dari orang lain saat mereka membantu Anda.

3. Takut ambil risiko

Mereka yang tidak berani mengambil risiko adalah mereka yang tidak akan maju. Namun, jangan juga terlalu cepat mengambil keputusan. Setiap langkah yang Anda ambil sudah sebaiknya dipikirkan terlebih dulu, tapi jangan mundur hanya karena Anda tak berani ambil risiko. Ingatlah bahwa dari setiap kegagalan pasti ada pelajaran yang bisa diambil.

4. Takut mencari mentor

Saat bekerja, carilah orang yang bisa menjadi mentor dan memotivasi Anda dalam bekerja. Serap ilmu dari mereka dan berdiskusilah saat mendapat masalah di karir. Memiliki seseorang yang bisa diandalkan, dapat mendorong Anda untuk mencapai tujuan dan menjadi lebih sukses di karir.

5. Takut tunjukkan passion

Banyak orang memilih untuk menyembunyikan passion atau minat yang membuat mereka bergairah, karena takut hal tersebut tidak cocok dengan pekerjaan. Namun jika passion itu adalah sesuatu hal yang sangat Anda cintai, maka jangan takut menunjukkan di area pekerjaan. Antusiasme tinggi Anda dalam satu bidang tertentu, bisa membawa Anda lebih jauh dalam jenjang karir.

6. Takut membuat kesalahan

Tak ada orang yang selalu benar. Kesalahan mungkin saja terjadi, baik bagi Anda yang baru memulai berkarir atau bahkan bagi mereka yang sudah profesional. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah belajar dari kesalahan, meminimalisir kesalahan serupa di masa depan, dan mencari solusi dari kesalahan yang sudah diperbuat.

7. Takut percaya pada insting

Selalu dengarkan apa kata hati Anda saat menjalankan karir. Jika ada satu titik di mana insting Anda berkata sudah saatnya mengubah jalur karir, maka lakukanlah. Sama halnya ketika Anda dihadapkan pada sebuah keputusan penting di kantor, tak ada salahnya percaya pada insting sebelum akhirnya membuat keputusan tersebut. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Penyanyi Legendaris Joe Cocker Meninggal Dunia

Anak Jackie Chan Resmi Didakwa Atas Kasus Narkoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Learnvest
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro