Peralatan tembaga/cleanpedia.com
Fashion

Ini Yang Harus dihindarkan Dari Peralatan Rumah Tangga Bermaterial Tembaga

Azizah Nur Alfi
Jumat, 4 September 2015 - 14:05
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Peralatan rumah tangga dari material tembaga memberikan kesan antik sehingga memiliki fungsi sebagai karya seni yang bernilai tinggi, selain fungsi sebenarnya. Namun, ada yang perlu dihindarkan agar kesan antik tetap terjaga.
 
Pemilik Azet Copper Art Ibnu Ridlo menyarankan untuk perabot rumah tangga dari material tembaga, sebaiknya dihindarkan dari terkena air garam dan zat asam. Sebab, jika unsur kimia tersebut menempel pada lapisan coating dalam intesitas yang tinggi dan berkepanjangan, dapat merusak lapisan coating. Ini akan berakibat pada berubahnya warna logam yang biasanya akan berubah warna menjadi hijau antik (Green Patina).
 
Ini tidak hanya berlaku kepada logam, seperti tembaga dan kuningan, tetapi juga terhadap semua jenis barang seperti produk furniture, kayu, besi dan plastik, katanya.
 
Teknik finishing clear coating yang baik dapat menjaga warna agar tidak mudah berubah dan tahan terhadap cuaca. Warna dapat tetap terjaga meski digunakan sebagai tempat air atau digunakan bersama detergen. Begitu juga, keindahan warna tembaga tetap terjaga walau produk tersebut diletakkan di luar ruangan yang akan selalu terkena panas dan hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro