Jessica Alba/Reuters
Entertainment

Dianggap Menipu, Perusahaan Milik Jessica Alba Dituntut

Andhina Wulandari
Jumat, 4 September 2015 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, LOS ANGELES- Honest Company, perusahaan yang dirintis oleh aktris Jessica Alba, baru-baru ini mendapat tuntutan hukum karena dianggap telah menipu konsumennya.

Seorang konsumen atas nama Jonathan D. Rubin mengatakan, bahwa sejumlah produk kecantikan yang dikeluarkan oleh Honest Company dianggap “menipu dan menyesatkan” konsumen dengan label yang menyebutkan produk itu “natural” atau alami.

Dalam dokumen pengadilan, seperti dilansir laman People, Rubin mengklaim bahwa sejumlah produk itu justru memiliki kandungan yang “tidak alami”, “sintetis”, dan bahkan mengatakan produk tabir surya, Honest Sunscreen, “tidak efektif”.

Rubin juga menyebut sejumlah produk, termasuk di antaranya Honest Hand Soap, Honest Diapers, dan Honest Multi-Surface Cleaner, memberi klaim yang menyesatkan konsumennya.

“Penggugat Jonathan D. Rubin membawa gugatan melawan Honest Company atas nama semua pembeli yang merasakan situasi yang sama saat menggunakan produk tersebut,” tulis dokumen tersebut.

Awal bulan ini, perusahaan tersebut juga mendapat kritikan tajam ketika sejumlah konsumen mengeluhkan produk tabir surya mereka, yang diklaim memiliki kandungan SPF 30. Para konsumen mengatakan produk tabir surya itu tidak efisien, bahkan beberapa dari mereka mengunggah foto kulit mereka yang terbakar di media sosial.

Honest Company pun langsung merespons cepat klaim tersebut dan merilis pernyataan yang menyebutkan bahwa pihaknya “selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk yang aman dan efektif, serta menerima setiap masukan dari konsumennya.”

“Produk tabir surya kami telah dites dan mengikuti aturan yang diberikan oleh FDA. Hasilnya menunjukkan produk kami efektif dan aman digunakan selama 80 menit. Tabir surya harus digunakan dengan cara dikocok terlebih dulu, lalu oleskan 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Pengaplikasian ulang dilakukan setiap 80 menit atau setelah berenang, berkeringat, dan dikeringkan memakai handuk, setidaknya setiap dua jam sekali,” tulis pernyataan dari Honest Company.

Selain itu, Jessica Alba yang mendirikan perusahaan itu bersama rekannya, Christopher Gavigan, juga merespons sejumlah keluhan dari para konsumennya.

“Melindungi orang yang kami cintai merupakan alasan kami mendirikan Honest Company. Sebagai orangtua, kami sangat sedih ketika ada beberapa orang yang merasakan pengalaman negatif saat menggunakan produk tabir surya ini,” ujarnya.

“Kami mengembangkan dan menggunakan Honest Sunscreen untuk melindungi anak-anak kami, saat bermain di taman, di kolam renang, di luar ruang, setiap hari. Kami menganggap perlindungan dari matahari sebagai sesuatu yang serius di Honest Company ini,” kata ibu dua anak itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : People/Wiki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro