Ilustrasi/dinkes.acehprov.go.id
Health

MUDIK LEBARAN: Kemenkes Minta Dinkes Kabupaten dan Kota Terintegrasi Dengan Hotline 119

Nindya Aldila
Jumat, 9 Juni 2017 - 15:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan meminta seluruh Dinas Kesehatan di kabupaten/kota agar mengintegrasikan nomor 119 melalui Public Safety Center (PSC) saat mudik. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya penanggulangan masalah kesehatan pada mudik Lebaran 2017.

Nomor layanan medis tersebut dapat diakses 24 jam oleh masyarakat.

Pada praktiknya, PSC yang ada di setiap Dinkes kabupaten/kota telah berintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Sehingga penanganan dapat segera dilakukan.

“Seluruh Dinkes Kabupaten dan Kota harus sudah terintegrasi melalui nomor 119 dengan Pusat [Kementerian Kesehatan]. Nomor itu yang akan membantu pemudik yang mengalami masalah kesehatan,” kata Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo, dikutip dari siaran pers, Kamis (8/6/2017).

Kemacetan saat mudik lebaran memang tak bisa dihindari. Hal itu masih menjadi kendala saat akan menuju lokasi pemudik yang mengalami masalah kesehatan.

Lantas Kementerian Kesehatan telah bekerjasama dengan kepolisian dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) agar mempermudah akses pelayanan kesehatan.

“Layanan tersebut masih perlu disosialisasikan. Tidak semua pemudik mengetahui layanan ini. Selain itu ketika ada kecelakaan mohon pihak Dinkes mendatanya untuk dijadikan bahan evaluasi,” tambah Bambang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro