Festival europalia/galerinasional.co.id
Show

FESTIVAL EUROPALIA 2017 : Ini Misi Indonesia

Irene Agustine
Rabu, 11 Oktober 2017 - 06:05
Bagikan

Bisnis.com, BRUSSEL - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengharapkan kehadiran Indonesia dalam Festival Europalia dapat menjadi ajang promosi untuk menggerakkan industri pariwisata Indonesia.

Wapres menilai Europalia juga menjadi ajang untuk merekatkan kerja sama selain di bidang pariwisata, misalnya  di bidang kebudayaan dan ekonomi.

"Penting untuk turisme, kerja sama lainnya dan kerja sama kebudayaan. Seperti ini merupakan promosi baik untuk pariwisata kita," kata JK, Selasa (10/10/2017) waktu Brussel.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mnambahkan, bahwa Europalia selama ini dikenal sebagai pameran seni dan budaya terbesar di Eropa.

Sebagai guest country dalam pelaksanaan Europalia, Retno mengatakan merupakan kesempatan untuk natiom branding atu mengenalkan Indonesia yang pluralistik dan demokratis kepada masyarakat Eropa.

"Dengan penduduk muslim terbesar tetapi Indonesia yang sekaligus menjadi rumah bagi berbagai macam agama dan kita dipersatukan sebagai suatu bangsa sebagai satu bahasa bahasa Indonesia," jelas Retno.

Pemerintah juga menginginkan agar Europalia menjadi media  presentasi dan segala potensi yang ada untuk menarik investasi.

"Oleh karena itu, kegiatan yang terkait investasi ini juga salah satu cara kita untuk mempresentasikan potensi kita sehingga kita juga menarik wisatawan baik dari Belgia maupun Eropa untuk berkunjung ke Indonesia," jelasnya.

Setelah melalui tahap seleksi yang ketat, Indonesia terpilih menjadi negara penyelenggara Festival Europalia 2017. Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara pertama yang tampil pada festival tersebut.

Acara pembukaan Europalia digelar pada hari ini di Bozaar, Brussel dan akan berlangsung selama empat bulan atau hingga Januari 2018. Adapun, rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya Europalia akan diselenggarakan di 7 negara di Eropa yaitu Belgia, Inggris, Perancis, Polandia, Jerman, Belanda dan Austria.

Europalia sendiri melibatkan 316 seniman dan menampilkan pameran barang seni, benda bersejarah, beberapa destinasi wisata, sastra, pemutaran film, performa seni, hingga pertemuan bisnis dengan para pengusaha.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Irene Agustine
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro