Rambut berketombe/Istimewa
Fashion

Cara Ampuh Usir Ketombe dengan Obat Herbal Buatan Sendiri

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 30 November 2018 - 10:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang paling umum. Ketombe akan muncul di kepala saat kulit kepala tidak memiliki cukup kelembapan, sehingga membuat kulit kepala menjadi kering dan mengelupas.

Ketombe juga ada karena kulit kepala kotor. Selain itu, dengan adanya ketombe biasanya kepala akan terasa gatal dan terjadi iritasi di kulit kepala.

Dilansir dari Boldsky.com, Apabila ketombe  parah, bisa jadi kulit kepala terkena infeksi jamur dan jika jamur menyerang kulit kepala, atasi  dengan salep antijamur.

Bagi yang ingin menyingkirkan ketombe dengan hemat, mudah dan tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung kimia, Anda bisa membuat obat herbal untuk ketombe buatan sendiri dengan bahan-bahan ini;

Rosmarin dan Thyme

Sifat antibakteri dan astringen rosemary membantu mengobati jamur yang menyebabkan ketombe dan kulit kepala terkelupas.

Perpaduan salep ini juga mengandung senyawa lain seperti flavonoid, asam fenolik, dan sebagainya. Selain itu, thyme juga memiliki sifat antijamur dan anti-inflamasi yang akan membantu dalam menangani infeksi atau segala jenis peradangan pada kulit.

Bahan yang harus disiapkan; 1 sendok makan rosemary, 1 sendok makan thyme dan 2 gelas air.

Cara membuatnya: Pertama, rebus air dalam panci. Tambahkan rosemary dan biarkan sampai larut sekitar 5 menit. Setelah 5 menit, matikan api dan tambahkan thyme. Biarkan campuran mendingin sesuai suhu ruangan. Saring campuran obat dan Anda dapat menggunakan air campuran ini untuk dioleskan pada kulit kepala Anda. Jangan dibilas sesudah mengoleskannya di seluruh kepala Anda.

Basil

Basil memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri juga antioksidan yang dapat membantu dalam mengobati ketombe dan peradangan pada kulit kepala. Basil juga mengandung zat besi, vitamin K, dan beta-karoten.

Bahan yang harus disiapkan: 4 gelas air dan daun basil (secukupnya)

Cara membuatnya: Rebus daun basil segar dengan empat gelas air di dalam panci selama beberapa menit. Matikan api dan biarkan mendingin sesuai dengan suhu ruangan. Saring campuran ini dan simpan dalam botol semprot. Anda bisa menyemprotkan obat ini pada kulit kepala Anda dan biarkan semalaman. Cuci rambut Anda pada keesokan harinya. Lakukan ini setiap malam sebelum Anda tidur untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Peterseli

Daun Peterseli mengandung Vitamin A, B, C dan D dan zat besi, kalium, dan sebagainya. Obat ini tidak hanya membantu dalam mengobati ketombe tetapi juga membuat rambut Anda akan lebih berkilau.

Bahan yang harus disiapkan: Seperempat cangkir peterseli segar dan 4 gelas air.

Cara membuatnya: Ambil panci dan tambahkan air lalu didihkan. Tambahkan daun peterseli ke dalam air mendidih dan panaskan selama beberapa menit sampai warnanya berubah. Setelah itu, biarkan mendingin. Cuci rambut Anda dan gunakan larutan ini pada kulit kepala dengan cara pijat perlahan kulit kepada dengan ujung jari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : https://www.boldsky.com/beauty/hair-care/2018/how-to-treat-dandruff-using-herbal-lotions/articlecontent-pf203035-126742.html
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro