Damai dan tenang dalam karya Widya Diputra

Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 30 Desember 2010  |  12:10 WIB

JAKARTA: Kedamaian dan ketenangan, inilah konsep karya seni dari I Made Widya Diputra. Dalam pameran tunggalnya di Galeri Mon Dcor Jakarta dengan tema White Lotus pada 18 Desember 2010 sampai 2 Januari 2011, Diputra hanya memasang lima karya relief di panel dan satu karya instalasi berupa 20 batang pohon lotus putih yang terbuat dari silikon.

Dalam ruang yang serba hitam, dinding hitam dan lantai hitam, lima relief bunga lotus berwarna putih itu tampak mempunyai kekuatan pesona tersendiri. Sementara 20 batang pohon lotus putih yang dipajang dan dikelilingi bebatuan putih memberikan nuansa estetika yang mengagumkan. Harga relief ini dipatok Rp 35 juta, sementara per batang pohon lotus putih Rp 2 juta.

Mengapa memilih lotus dan berwarna putih?Yang paling saya ingat dari membaca dan saya setuju, bahwa lotus tumbuh di tempat kotor, tapi menghasilkan bunga yang bagus, cantik dan tidak terkontaminasi dengan kotornya itu. Semua orang mengetahuinya daun lotus hijau, sementara saya menampilkannya dengan warna putih agar punya kekuatan tersendiri bagi yang melihatnya dan menghadirkan kedamaian, kata Diputra.

Orang lain bisa mengatakan apa saja tentang lotus, tapi Diputra berpendapat bunga ini tumbuh sempurna dan keren. Dari tema Lotus Putih ini terlihat Diputra menyarankan simbolisme yang bertolak dari bunga yang di Indonesia dikenal dengan nama Bunga Teratai.

Bagi Diputra, lotus putih ini mewakilkan pandangannya tentang berbagai hal. Tentu hal tersebut tak lepas dari cara dia memandang kehidupan ini.(tw)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top