Relationship

Begini cara gampang deteksi KANKER PAYUDARA

News Editor
Rabu, 9 Mei 2012 - 10:42
Bagikan

 

JAKARTA: Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sangat dianjurkan bagi para perempuan, karena cara ini cukup ampuh, mudah dan murah untuk mendeteksi lebih dini kelainan pada payudara, terutama kanker.

 

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais, Sonar Sonny Panigoropada, sebuah diskusi untuk kampanye kesadaran akan kanker payudara di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Selasa.

 

"Waktu yang tepat adalah 8 sampai 10 hari sesudah menstruasi, perempuan tentu lebih mengenal payudaranya sendiri, sehingga lebih mudah untuk lakukan pemeriksaan sendiri," ucap Sonar.

 

Pemeriksaan ini berguna untuk menemukan benjolan sebagai awal gejala kanker payudara, yang biasanya terjadi pada daerah sekitar payudara dan ketiak, kata Sonar.

 

"Tiap benjolan memang belum tentu kanker, bisa jadi kista, tumor, infeksi, atau pun trauma, karena yang benar-benar kanker biasanya hanya 15%," kata Sonar yang menambahkan bahwa perempuan tetap harus memeriksakannya apabila menemukan benjolan pada daerah payudaranya.

 

Sonar memaparkan benjolan itu terjadi karena pembengkakan kelenjar akibat kanker, dan biasanya perempuan baru merasa perlu memeriksakannya setelah benjolan itu membesar. Padahal untuk pembengkakan mencapai satu sentimeter, dibutuhkan waktu hingga lima tahun.

 

"Kurang sadarnya perempuan akan hal ini, sehingga 50 hingga 80 persen penderita yang datang ternyata sudah dalam kondisi stadium lanjut, sehingga semakin sulit untuk disembuhkan," ujar Sonar.

 

Perempuan berusia 40 hingga 50 tahun cenderung lebih rentan terkena kanker payudara. Proses berkembangnya kanker payudara dari stadium nol hingga stadium lanjut, bisa mencapai 15 tahun, ujarnya.  (Antara/ea)

 

BACA JUGA

DAHLAN ISKAN: JODOH ITU SEPERTI KRL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Newswires
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro