Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MAKANAN ANAK: Asupan Mengandung Gula Berisiko Obesitas

JAKARTA--Pola pemberian asupan pada anak, sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangannya. Asupan dan nutrisi tertentu juga bisa memberikan efek samping kepada keseimbangan otak anak.Saat ini ada kecenderungan anak-anak lebih memilih makanan
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 19 Desember 2012  |  19:48 WIB

JAKARTA--Pola pemberian asupan pada anak, sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangannya. Asupan dan nutrisi tertentu juga bisa memberikan efek samping kepada keseimbangan otak anak.Saat ini ada kecenderungan anak-anak lebih memilih makanan dan minuman yang mengandung gula (manis), daripada makanan yang sehat dan bergizi."Pola konsumsi seperti dapat memicu penyakit seperti obesitas, diabetes, dan karies gigi pada anak, yang diakibatkan oleh gula tambahan yang terdapat dalam makanan dan minuman tersebut," kata

Dokter Aman Bhakti Pulungan, Spesialis Anak Endokrin FKUI/RSCM, di Jakarta, Rabu (19/12).Dia menuturkan di Indonesia ada sekitar 19% anak di bawah usia 5 tahun yang mengalami obesitas.

Obesitas pada anak dan remaja di sejumlah negara, termasuk Indonesia, lanjutnya, antara lain disebabkan oleh asupan gula tambahan berlebih yang dikonsumsi anak.

Menurut data dari Unit Kerja Koordinasi (UKK) Endokrinologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sejak Mei 2009 hingga Februari 2011, terdapat 590 orang anak dan remaja di bawah usia 20 tahun yang merupakan penyandang diabetes tipe 1 di seluruh Indonesia.

“Orangtua harus mewaspadai asupan gula tambahan pada anak. Jangan sampai berlebihan, karena dapat memicu timbulnya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana insulin tidak mampu memetabolisme karbohidrat atau gula, yang berlebihan dalam tubuh,” ungkap aman dalam diskusi bertajuk Asupan gula berlebih dapat mengganggu konsentrasi dan kesehatan anak yang diadakan oleh Anmum Essential, fonterra Brands Indonesia.  

Selain itu, lanjutnya, penyakit diabetes mudah timbul akibat teganggunya proses metabolisme gula darah di dalam tubuh, sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top