Fashion

Kenali Rematik Sejak Dini

Deliana Pradhita Sari
Minggu, 3 November 2013 - 05:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Perempuan memiliki peluang menderita penyakit arthritis rheumatoid lebih besar dibandingkan pria, dengan perbandingan mencapai 4:1.

Awas, masih muda jangan kerap mandi malam, nanti tuanya bisa rematik lho.” Kalimat tersebut mungkin saja sering dilontarkan orang tua kepada anak-anaknya, tak terkecuali orangtua saya sendiri.

Selepas pulang kantor malam hari, ibu biasanya mengingatkan saya untuk tidak sering mandi malam hari. Menurutnya, air dingin tak bagus untuk tulang dan menyebabkan rematik di usia senja.

Namun, penyakit yang sering disebut rematik ini tidak sesederhana yang dibayangkan. Mandi malam bukan penyebab penyakit rematik. Dan penyakit rematik pun tak hanya menyerang di kala seseorang memasuki usia lanjut. Artinya, remaja pun bisa menderita sakit tersebut.

Arthritis Rheumatoid atau sering disingkat AR adalah penyakit sistemik progresif, yakni bisa kian parah seiring berjalannya waktu. Tak hanya itu, tetapi AR pun melibatkan organ dan sistem tubuh secara keseluruhan.

”Arthritis Rheumatoid itu penyakit autoimun yakni sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat. Ini menyebabkan peradangan kronis dan kerusakan sendi bahkan hingga mengalami cacat pada usia produktif,” kata dokter Andry Reza Rahmadi, spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia Weekend 3 November 2013
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro