/repro
Fashion

Pola Hidup Orang Indonesia Paling Buruk di Asia Pasifik, Ini Penyebabnya

Yodie Hardiyan
Rabu, 18 Desember 2013 - 19:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--- Indonesia dianggap sebagai negara dengan peringkat terendah dari 15 negara Asia Pasifik dalam hal indeks pola hidup sehat, berdasarkan AIA Healthy Living Index 2013.

Salah satu hasil survei yang dilakukan oleh AIA Group itu menyebutkan jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan orang Indonesia untuk berolahraga setiap minggunya 2,2 jam pada 2013 atau meningkat dibandingkan dengan 2,1 jam pada 2011.

Kendati demikian, jumlah waktu itu masih berada di bawah 3 jam seperti waktu rata-rata yang dihabiskan masyarakat di kawasan lain. “Para ahli merekomendasikan di atas 3 jam per minggu,” tulis keterangan yang dirilis oleh PT AIA Financial, Rabu (18/12/2013).

Selain masalah waktu olahraga, survei itu juga menyoroti waktu tidur orang Indonesia. Masyarakat Indonesia dianggap menghendaki waktu tidur selama 7,8 jam per hari, tetapi mereka hanya bisa merealisasikan waktu tidur per hari selama 6,8 jam.

“Oleh karena itu terjadi kesenjangan pola tidur selama 1 jam per hari atau serupa dengan hasil kesenjangan waktu tidur masyarakat di kawasan lainnya selama 1,2 jam per hari,” tulis keterangan tersebut.

Pola hidup tidak sehat itu diperburuk oleh kecondongan masyarakat Indonesia untuk melepas stres dengan kegiatan pasif, seperti menonton TV atau fiem (57%), jumlah yang jauh lebih tinggi daripada kegiatan berolahraga yang hanya 26%. “[Jumlah] itu jauh di bawah jumlah rata-rata negara-negara lainnya 39%,” tulis keterangan itu.

AIA Healthy Living Index 2013 juga menyebutkan hanya 26% dari masyarakat dewasa Indonesia yang telah melakukan pemeriksaan medis dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro