Ilustrasi/Bisnis.com
Travel

Wisata Rohani di Bukit Kasih Manado yang Menyejukkan

Thomas Mola
Senin, 10 Februari 2014 - 22:12
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - Bagi Anda penyuka wisata rohani atau ingin ziarah sekaligus rekreasi, Bukit Kasih mungkin dapat menjadi salah satu pilihan. Wisata Bukit Kasih tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga suatu "perjalanan" rohani.

Bukit Kasih terletak di Daerah Kanonang, Kabupaten Minahasa Induk, Provinsi Sulawesi Utara. Butuh waktu sekitar satu setengah jam perjalanan dari Manado ke lokasi ini. Akses jalan menuju lokasi juga sudah memadai dan dijamin perjalan tidak akan membosankan karena suasana alam sepanjang perjalan yang masih alami.

Tempat wisata rohani ini dibangun pada 1999 oleh Pemerintah Provinsi yang bekerja sama dengan semua lembaga keagamaan di Sulut. Seluruh bukit itu benar-benar dialokasikan untuk tempat wisata rohani karena terdapat bangunan rumah ibadah untuk setiap agama di Tanah Air, lengkap dengan simbol-simbol masing-masing.

Mengingat provinsi Nyiur Melambai yang mayoritas Kristen, Bukit Kasih memang sangat dekat dengan tradisi Kristianitas. Namun, tempat itu pada dasarnya terbuka bagi siapa saja. Seperti kebanyakan tempat wisata, Wisata Bukit Kasih umumnya cukup ramai pada hari libur keagamaan dan pada akhir pekan. Pengunjung yang datang umumnya berasal dari kota Manado dan kota-kota lainnya di Sulawesi.

Di Bukit Kasih, pengunjung dengan mudah melihat dari dekat bagaimana rumah ibadah dibangun berdampingan. Para pengunjung juga dapat merasakan dari dekat suasana persaudaraan di mana pengunjung yang berbeda agama dapat berkumpul bersama di suatu tempat.

Namun, butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke puncak Bukit Kasih. Terdapat lebih dari seribu anak tangga yang meliuk-liuk di sisi bukit membentuk jalan panjang yang sangat indah. Panjangnya anak tangga itu seakan ingin menggambarkan perjalan panjang, melalahkan, dan sulit untuk selalu dekat pada Yang Kuasa.

Perjalanan menaiki ribuan anak tangga itu seakan terbayar jika pengunjung bisa tiba di puncak bukit. Dari puncak bukit itu, pengunjung dapat melihat penamaandangan khas perbukitan dengan suasana kebun sayur, jagung, dan lainnya. Jika datang ketika cuaca cerah, maka dari puncak bukit pengunjung akan dapat melihat dengan jelas indahnya danau Tondano.

Di puncak bukit terdapat sebuah salib besar dengan tinggi sekitar 20 meter lebih. Jika tidak sempat membawa kamera untuk mengabadikan momen, pengunjung tidak perlu cemas. Di puncak bukit kasih terdapat beberapa fotografer yang siap mengambil gambar dan langsung mencetak foto. Pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000 untuk satu foto.

Setelah melewati perjalanan panjang menuju puncak bukit dan menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat melepaskan lelah dengan berendam di kolam air hangat yang ada di kaki bukit. Bukit Kasih sungguh menawarkan perjalanan wisata sekaligus perjalanan rohani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro