Ruang pamer Salihara/JIBI
Show

Salihara Akan Gelar Pameran Foto Bertrand Meunier

Wan Ulfa Nur Zuhra
Kamis, 15 Mei 2014 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Komunitas Salihara dan Institut Français Indonesia akan menggelar pameran foto Bertrand Meunier pada akhir pekan depan. Pameran foto bertajuk Hub Side Down itu akan dimulai pada 25 Mei dan berakhir pada 10 Juni 2014.

Pada Sabtu malam (24/5/2014) akan digelar seremonial pembukaan pameran Meunier di Galeri Salihara, Pasar Minggu.

Bertrand Meunier akan memamerkan foto-fotonya tentang kota-kota besar di Asia yaitu Hongkong, Bangkok, Tokyo, Shanghai, dan Jakarta. Di kota-kota itu Meunier menginvestigasi kaitan yang rumit antara manusia, tempat tinggal dan lingkungannya.

Ia telah mengawetkan wajah kota yang rusak, dampak buruk industrialisasi, juga manusia yang terdesak dan tetap bertahan. Dengan foto hitam-putih ia menunjukkan bukan hanya kontras yang kuat pada tiap obyek fotonya, tapi kontras nasib manusia di dalamnya.

Bertrand Meunier adalah anggota Tendance Floue, sebuah kelompok fotografer garda depan di Prancis. Foto-fotonya tentang kegetiran hidup masyarakat kawasan industri di Cina setelah kekuasaan Mao Zedong dan kehidupan kumuh di Karachi memenangi Niépce Award 2007.

Sementara buku fotografinya Le sang de la Chine, quand le silence tue (The Blood of China: When Silence Kills), yang ia kerjakan bersama wartawan Pierre Haski, memenangi International Media Prize dan Jossep Kessel Prize pada 2005.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro