Orangutan/this.org
Travel

Samboja Lestari: Rekreasi dan Konservasi Satwa Asli Nusantara

Kahfi
Kamis, 14 Agustus 2014 - 01:29
Bagikan

Bisnis.com, KUTAI KARTANEGARA- Samboja Lestari merupakan sebuah pusat pelestarian dan pendewasaan Orangutan di daerah Kalimantan Timur, letaknya tak jauh dari Kota Balikpapan.

Di sini para pengunjung dapat menikmati keheningan hutan sekaligus ikut merasakan kepedulian terhadap satwa asli Nusantara yang terancam punah.

Sebagaimana dikatakan Project Manager Samboja Lestari Agus Irwanto, untuk menyelamatkan satwa Orangutan dibutuhkan kepedulian bersama.

Sebab, lanjutnya, sejauh ini satwa langka yang kini kian terancam keberadaannya tersebut hampir kehilangan habitat asli.

Satwa penghuni asli Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatra tersebut jumlahnya semakin menipis. Hal itu akibat rusaknya hutan belantara korban pembalakan liar dan brutal, serta minimnya upaya pengembalian hutan asli.

“Di Kalimantan, hampir seluruhnya tidak ada lagi habitat asli Orangutan,” ujar Agus kepada Bisnis.com, Rabu (13/8/2013).

Di sisi lain, Samboja Lestari yang merupakan program perdana Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS), salah satu lembaga swadaya peduli lingkungan, mengupayakan kepedulian yang luas dari masyarakat terhadap kondisi demikian.

Sejauh ini, melalui pendekatan wisata lingkungan, Samboja Lestari dapat menarik minat masyarakat yang hobi berpelesir.

“Mayoritas masih dari mancanegara,” tambahnya.

Letak yang tidak terlampau jauh dari pusat kota, membuat Samboja Lestari dapat mempertahankan keberadaan sekitar 208 ekor Orangutan dari hasil donasi berbagai pihak serta usaha wisata lingkungan tersebut.

Untuk Orangutan sebanyak itu, Samboja Lestari memiliki areal hutan buatan seluas ribuan hektare.

“Kami masih menyewa lahan kepada pemerintah, sebab perizinan yang diakui hanya pengolahan lahan, praktis bantuan pemerintah minim,” ujarnya.

Samboja Lestari masih mengandalkan pendapatan dari kedatangan para pengunjung. Untungnya, belakangan ini banyak pelajar berbagai sekolah yang umumnya berasal dari Pulau Jawa, mulai meningkatkan minat wisata lingkungan Orangutan tersebut.

“Mereka biasanya menginap dan berkeliling melihat-lihat Orangutan, mengenal mereka dari dekat,” ujar Agus.

Untuk mengunjungi Samboja Lestari ini, para pengunjung yang mayoritas dari luar Pulau Kalimantan, biasanya menggunakan kendaraan sewaan dari Kota Balikpapan hingga menuju kawasan Samboja Lestari.

Dari Bandara Sepinggan (Balikpapan) perjalanan dengan mobil hanya menghabiskan waktu sekitar 2 jam ke arah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro