/TheGuardian
Entertainment

Inilah Sekilas Kehidupan Sang Legendaris Richard Attenborough

John Andhi Oktaveri
Senin, 25 Agustus 2014 - 11:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Richard Samuel Attenborough lahir pada 29 Agustus 1923 di Cambridge, Inggris. Ayahnya seorang dosen yang memiliki tiga putra dan Attneborough merupakan anak sulung.

Sebagai mahasiswa pada  Royal Academy of Dramatic Art (RADA) di London, Attenborough menunjukkan bakat yang luar biasa untuk kelas drama dan berhasil menamatkan pendidikan di perguruan tinggi itu pada 1942.

Dia pun mulai mendapatkan peran sebagai seorang pelaut yang kesepian dalam film garapan sutradara Noel Coward berjudul In Which We Serve pada tahun yang sama.

Saat kuliah di RADA Attenborough bertemua dengan aktris Sheila Sim yang dia nikahi tiga tahun setelah selesai kuliah. Mereka kemudian tercatat sama-sama membintangi film karya Agatha Christie The Mousetrap sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (25/8/2014).

Pada masa-masa berikutnya karir Attenborough terus melejit baik sebagai aktor maupun sebagai sutradara. Beberapa film yang ikut dibintanginya antara lain Private’s Progress (1956),  I’m All Right, Jack (1959), The Great Escape (1963), The Sand Pebbles (1966), Doctor Doolittle (1967) dan film Jurrasic Park.

Salah satu film karyanya yang fenomenal adalah Gandhi karena karya seni itu meraih delapan Piala Oscar pada 1982. Pada saat yang sama Attenborough pun terpilih sebagai Ketua Lembaga Perfileman Inggris untuk periode 1981 hingga 1992.

Attenborough menjalani perawatan di rumah bersama anak dan istrinya selama beberapa tahun hingga ajal akhirnya mendemputnya kemarin dalam usia 90 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro