Ilustrasi
Entertainment

Aktor Senior Henky Sulaiman Rela Tidak Dibayar Demi Mahasiswa

Deandra Syarizka
Rabu, 5 November 2014 - 23:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aktor senior Henky Sulaiman rela bermain pro bono alias tidak dibayar selama lebih dari sepuluh tahun terakhir demi membantu produksi film tugas akhir mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

“Karena mereka mahasiswa, saya tahu kesulitan mereka. Ada keprihatinan dan mau membantu selalu,” katanya selepas menerima penghargaan atas kontribusinya itu dalam acara pembukaan FFTV-IKJ International Student Festival 2014 di Taman Ismail Marzuki (TIM), Rabu (05/11/2014).  

Selain Henky, ada dua pihak lainnya yang juga menerima penghargaan, yakni pengusaha rumah produksi PT. Elang Perkasa Hatoek Soebroto dan aktor remaja Aji Santosa.

Henky bercerita dirinya telah mengenal IKJ sejak institusi tersebut masih bernama Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ). Akrab dengan para mahasiswa, dia pun diminta bantuan untuk bermain dalam produksi film tugas akhir mahasiswa pada 1993 untuk pertama kalinya.

Dari situlah, dia menjadi salah satu aktor senior yang langganan membantu mahasiswa IKJ mengerjakan tugas akhir sampai sekarang.

Menurut Henky, pada dasarnya kemampuan para mahasiswa Indonesia dalam membuat film tidak perlu diragukan lagi. Dia hanya menyayangkan minimnya bantuan pemerintah dalam membantu sineas-sineas muda mendapatkan kesempatan memproduksi film.

Film terakhir besutan mahasiswa yang dimainkan oleh Henky berjudul Wan’an, yang diproduksi dua tahun lalu. Film tersebut bercerita tentang kisah sepasang suami istri lanjut usia yang saling memaknai hari akhir dan kematian.

Film bergenre drama komedi itu pun memenangkan penghargaan  dari organisasi sekolah film internasional di Perancis Centre International de Liason des Ecoles de Cinema et de Television (CILECT) pada 2012 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro