Poster Film I'M Star
Entertainment

I'M STAR: Film Tentang Anak-Anak Autis Raih Oregon Award

Puput Ady Sukarno
Senin, 10 November 2014 - 17:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film layar lebar I'M STAR yang bertutur tentang perjuangan anak-anak penderita autisme besutan sutradara Damien Dematra meraih penghargaan di luar negeri.

Kali ini didapat melalui kategori skenario terbaik dari Oregon International Film Awards. I'M STAR berhasil menjadi juara melawan ratusan film dan skenario dari berbagai belahan dunia.

Festival yang mencari film-film dan skenario yang diproduksi secara unik dengan teknik mumpuni yang telah berlangsung lima tahun ini berbasis di Oregon, USA dan merupakan festival bergengsi yang diikuti ratusan sineas dari manca negara.

Melalui siaran persnya, Senin (10/11), Damien Dematra yang duduk di kursi sutradara sekaligus produser film I'M STAR mengungkapkan penghargaan ini datang pada momentum yang tepat, yaitu pada Hari Pahlawan.

Para pemain utama film ini, yaitu para remaja autis ini merupakan pahlawan sejati karena dengan berbagai keterbatasan dan kekurangan telah mengharumkan nama Indonesia di seluruh dunia.

Film sosial I'M STAR berkisah tentang perjuangan para remaja berkebutuhan khusus penyandang autisme untuk dapat diterima masyarakat dan bersekolah di sekolah biasa.

Apalagi hal ini didukung oleh Peraturan Menteri yang memberi kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat diterima dan berbaur di sekolah biasa.

Damien Dematra menambahkan dengan bangga bahwa para remaja penyandang autis mampu berprestasi tinggi, apalagi ditunjang kemauan kuat dan dukungan luar biasa dari lingkungan mereka.

Melalui berbagai penghargaan internasional bagi film ini, ia berharap dapat menerobos barrier paradigma bahwa hanya mereka yang sehat fisik dan mental yang dapat berprestasi.

Ia berharap sosialisasi yang juga terus dilakukan para orang tua remaja berkebutuhan khusus tentang keberadaan penyakit autisme dan kemampuan putra-putri mereka dapat mengetuk kesadaran pemerintah sampai perorangan.

Sederet penghargaan telah dikantongi film yang diperani remaja-remaja berkebutuhan khusus personel grup band I'M STAR: Arya, Abhy, Ervitha, dan Shinta.

Di antaranya yang diraih tahun ini adalah Grand Jury Award dari Colorado International Film Festival, Awards of Excellence dalam kategori film cerita panjang (feature film) dan pemeran wanita utama (leading actress) untuk Natasha Dematra sebagai Mella, serta Awards of Merit dalam kategori penyutradaraan untuk Damien Dematra dari Accolade Global Film Competition, California, USA, Gold Award untuk Natasha Dematra (sebagai Mella) dalam kategori pemeran wanita utama dan Silver Award dalam kategori penyutradaraan untuk Damien Dematra dari International Independent Film Awards (IIFA) Los Angeles, USA.

Pada 2013, I'M STAR meraih tiga penghargaan dari Indie Fest (2013) di USA, sebagai film cerita panjang terbaik dan aktris terbaik (Natasha Dematra), dan penulis skenario terbaik (Damien Dematra).

Di tanah air, I'M STAR terpilih sebagai salah satu film yang diputar dalam APEC Unthinkable Film Festival 2013 pada 3-5 Oktober 2013 untuk tayang bersama film-film lain dari negara-negara APEC.

Film ini juga sempat diekshibisikan di pameran film MIPCOM di Cannes, Prancis, dan American Film Market (AFM) di Los Angeles, Amerika Serikat tahun 2012 dan mencerahkan para guru setelah diputar di hadapan +/- 10.000 guru se-DKI Jakarta dari tingkat TK sampai dengan SMA pada Mei 2012 di Smesco Convention Hall.

Personel grup musik I'M STAR (Arya, Abhy, Ervitha, dan Shinta) juga diterima dan tampil di hadapan Ibu Negara 2004-2014, Ibu Ani Yudhoyono di Istana Negara dalam peringatan Hari Peduli Autis Sedunia 2014.

Autisme yang menghinggapi setidaknya 1 dari sekitar setiap 250 anak di dunia, merupakan gangguan perkembangan neurologis dengan ciri-ciri perkembangan gangguan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku, yang biasa dialami sejak lahir atau sejak balita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro