Poster Film Let's Play Ghost
Entertainment

Lets Play Ghost Tersisih di Negeri Sendiri, Namun Berjaya di Luar Negeri

Puput Ady Sukarno
Senin, 24 November 2014 - 11:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Let's Play Ghost, sebuah film horor hasil produksi Damien Dematra Production, meskipun di Tanah Air Indonesia tersisihkan, namun berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi di luar negeri dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Film Let's Play Ghost yang berkisah tentang lima sekawan yang menghabiskan liburan di vila pegunungan terpencil, namun ternyata dipaksa menghabiskan sisa hidup sebagai mainan hantu perempuan cilik yang penasaran dan tidak mengandalkan adegan syur ini meraih penghargaan Platinum Award dari Oregon International Film Awards, Oregon, USA, dalam kompetisi Film Cerita Panjang.

Film layar lebar salah satu karya sineas Damien Dematra, yang belum lama ini juga memperoleh penghargaan The Gold Lion Awards dari Barcelona Film Festival, Barcelona, Spanyol ini sekalipun bergenre horor dan memberi sajian mengerikan dan mengejutkan, namun menyuguhkan akhir yang mengharu-biru dan berbeda dari kebanyakan film-film horor lainnya.

Oregon International Film Awards (OIFA) terletak di Oregon, USA dan merupakan festival bergengsi yang diikuti ratusan sineas dari manca negara. Film Let's Play Ghost yang merupakan debut Dorce Gamalama sebagai Executive Producer dinilai OIFA sebagai sebuah film yang unik dan telah diproduksi dengan teknik yang diakui internasional sehingga mampu bersaing dengan ratusan film lain yang turut dalam ajang kompetisi tersebut.

"Kemenangan ini adalah satu yang mengikuti deretan kemenangan yang pernah diraih film ini di kancah internasional. Sayangnya, film yang telah rampung sejak akhir 2012 ini tidak juga mendapat jam tayang di negeri sendiri karena ketidakjelasan sistem tata edar perfilman Indonesia," tutur Damien Dematra, Senin (24/11/2014).

Namun demikian, pihaknya tidak lantas putus asa dan akan terus berusaha menayangkan film tersebut di Indonesia meskipun belum jjelas kepastian waktunya. Pihaknya juga berharap pemerintahan Presiden Jokowi - JK peduli dengan semerawutnya kondisi perfilman Indonesia tersebut.

Daftar panjang kemenangan yang telah diraih film horor ini di luar negeri pada tahun ini, di antaranya; Best Narrative Feature dari Alaska International Film Awards, di USA meraih Best Foreign Film dari Colorado Film Festival.

Selain itu, masih di USA juga meraih tiga Bronze Awards dari International Independent Film Awards untuk kategori directing (Damien Dematra), leading actress (Natasha Dematra), dan Narrative Feature, Award of Excellence dari Accolade Competition, San Diego, California, Amerika Serikat untuk penyutradaraan (Damien Dematra), Award of Merit dari ajang kompetisi yang sama dalam kategori narrative feature, leading actress (Natasha Dematra), dan editor (Irene Christina dan Virda Anggraini).

Film Let's Play Ghost juga menjadi nominasi Best Directing of a Foreign Language Feature Film dan Best Foreign Language dari St. Tropez International Film Festival, Perancis untuk kategori penyutradaraan (Damien Dematra).

Film ini juga didapuk sebagai unggulan oleh Madrid International Film Festival, Spanyol sebagai Best Film, Best Director (Damien Dematra), Best Producer (Damien Dematra), Best Feature Film, dan Best Supporting Actress (Kayla Atilla sebagai peran hantu).

Deretan panjang kemenangan ini mengikuti daftar perolehan kemenangan pada 2013 silam, di mana Let's Play Ghost berhasil meraih Gold Reel Award dari Nevada International Film Festival, Las Vegas, Amerika Serikat dalam kategori Feature Film.

Serta berhasil menggondol lima penghargaan sekaligus dari The Indie Fest Film Awards, yaitu: penghargaan Award of Excellence dalam kategori film cerita panjang terbaik, sutradara terbaik (Damien Dematra), dan pemeran utama terbaik (Natasha Dematra), dan penghargaan Award of Merit dari festival yang sama dalam kategori cinematography (Damien Dematra) dan editing (Irene Christina dan Virda Anggraini).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro