RS Pusat Otak Nasional di Cawang, Jakarta Timur/ANTARA
Relationship

Rutin Cek Email Bisa Sebabkan Stres

Mia Chitra Dinisari
Senin, 8 Desember 2014 - 16:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Saat ini hampir semua orang memiliki email dan rajin mengeceknya untuk mengetahui pesan yang masuk.

Setidaknya orang memeriksa pesan masuk dalam email 25 menit sekali, terutama mereka pegawai kantoran atau yang memakai email sebagai notifikasi pada media sosial yang diikutinya.

Namun tahukah Anda jika tidak memeriksa email dalam sehari aja bisa menekan potensi terjadinya stres. Berdasarkan hasil penelitian University of British Columbia (UBC),  terlalu sering mengecek email di kantor bisa membuat Anda lebih stres dalam menjalankan pekerjaan.

"Temuan kami menunjukkan orang yang tidak stres cenderung jarang memerika email yang terkait pekerjaan mereka,” ujar Kostadin Kushlev, PhD peneliti di bidang psikologi UBC.

Hal tersebut, katanya berdasarkan studi terhadap 124 pekerja, yang setidaknya memeriksa email mereka tiga kali dalam sepekan. Sementara yang lainnya memeriksa email sesesering mungkin yang bisa mereka lakukan.

Kedua tipe orang tersebut diperiksa tingkat stresnya. Dan mereka juga harus menjawab sejumlah survei  termasuk tingkat stres yang mereka rasakan setelah membaca email. Hasilnya mereka yang sering mengecek email lebih rentan terkena stres daripada yang jarang melakukannya.

"Kebanyakan partisipan merasa sulit untuk mengurangi kebiasaan tersebut,” tambah Kushlev.

Mereka mengatakan sangat sulit untuk tidak tergoda untuk melihat email tersebut, sehingga akhirnya sulit untuk membuat mereka tidak mudah stres karena beban pekerjaan.

Karena itu, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk membatasi akses buka email bagi karyawannya dalam waktu yang berkala saja. (timesofindia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro