Karir/boldsky.com
Relationship

4 Tips Jitu Resolusi Karir di Tahun Baru

Happy Ferdian
Selasa, 9 Desember 2014 - 13:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTAMinggu-minggu terakhir di penghujung tahun merupakan saat-saat yang tepat untuk melakukan refleksi diri mengenai segala hal yang telah dilalui sepanjang tahun.

Selain itu, ada baiknya pula untuk turut menulis berbagai resolusi yang akan dilakukan di tahun baru, salah satunya adalah resolusi karir. Namun sayangnya terkadang masih banyak orang yang kesulitan untuk merumuskan gebrakan yang akan dilakukan pada karir mereka di tahun baru.

Jangan khawatir, empat panduan cerdas di bawah ini akan membantu Anda untuk lebih fokus dan jeli dalam merumuskan pencapaian karir ke depannya.

1. Saya akan bertahan dan kian makmur

Buat tahun 2015 mendatang sebagai tahun yang diisi oleh loyalitas tinggi dalam bekerja. Bukan hanya untuk mengincar peningkatan karir saja, loyalitas tinggi terhadap pekerjaan juga akan membuat aktualisasi Anda kian berkembang. Namun ingat, loyalitas bukan berarti 'asal-terima' segala pekerjaan yang diberikan, namun lebih kepada melibatkan diri secara aktif di bidang yang menjadi lahan pekerjaan Anda.

Jika Anda merasa pindah pekerjaan adalah hal yang terbaik bagi Anda, maka segera buat komitmen untuk melakukan yang terbaik dalam menemukan pekerjaan lain. Belajar dari pengalaman kerja sebelumnya, dan tentukan rencana jitu Anda untuk menemukan pekerjaan baru yang membuat Anda lebih profesional dan tentu saja menjanjikan pendapatan lebih tinggi.

2. Saya akan bangun pondasi karir yang kuat

Sebagai pekerja, Anda tentu dibekali dengan kemampuan dan etos kerja, di mana kedua hal tersebut akan menjadi komoditi andalan Anda dalam menemui masa depan karir yang lebih cerah. Tingkatkan performa kerja Anda dan upayakan bahwa Anda benar-benar berkapabilitas dalam wilayah kerja Anda. Semakin baik performa kerja Anda, maka akan semakin tinggi pula daya tarik Anda bagi dunia profesional di luar sana. Bukan tidak mungkin kemudian Anda akan dilirik oleh berbagai pekerjaan dengan peningkatan karir yang lebih menjanjikan. 

3. Saya akan membangun manajemen karir yang unggul

Sejalan dengan poin sebelumnya, profesionalitas kerja Anda nantinya akan membentuk satu kumpulan manjemen karir yang unggul, di mana akan membuat Anda tampil layaknya 'aset berharga' yang diperebutkan banyak orang.

Beberapa manajemen unggulan yang perlu Anda mulai pelajari saat ini adalah:

- Bagaimana menulis resume pekerjaan yang dahsyat

- Bagaimana memperoleh wawancara kerja yang menjanjikan

- Bagaimana mengubah wawancara kerja menjadi tawaran kerja

- Bagaimana mempertahankan pekerjaan Anda dan memenangkan promosi

- Bagaimana merangkai strategi perubahan karir

4. Saya akan membangun koneksi profesional

Banyak orang kurang mengapresiasi pentingnya koneksi profesional, padahal hal tersebut begitu penting untuk meningkatkan aktualisasi diri dalam karir. Dengan jaringan relasi profesional yang luas, maka akan turut memperluas pula kemungkinan peningkatan karir. Selain itu, memperluas koneksi profesional juga akan membuat Anda semakin menguasai dengan baik lahan pekerjaan Anda.

Ketika profesionalitas Anda dalam bekerja kian meningkat, maka secara perlahan tapak karir Anda pun semakin kuat sehingga memuluskan rencana pencapaian karir yang diimpikan. Banyak platform yang mengakomodasi tujuan ini, salah satunya adalah situs jaringan profesional LinkedIn. (careercast)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Happy Ferdian
Sumber : careercast
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro