Ilustrasi-Ondel ondel/Antara
Show

KALEIDOSKOP BUDAYA JAKARTA: Kilas Balik Budaya Betawi

Marta Fitria
Jumat, 19 Desember 2014 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Jakarta memiliki kesenian budaya yang beraneka ragam. Dari sekian banyak budaya, ada di mana saat-saat budaya Betawi tersebut terkenal di masanya.

Hal itulah yang memprakarsai diselenggarakannya Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta yang berlangsung pada 16-20 Desember 2014 mulai pukul 16.00 hingga malam hari di Plaza Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

"Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta kali ini menyajikan aktivitas seni budaya, terutama budaya Betawi, mulai tahun 2010 sampai dengan 2014. Dari kaleidoskop ini diharapkan tumbuh proses evaluasi dari pelaku dan penikmat seni guna pengembangan aktivitas seni budaya di kota Jakarta," ujar Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta yang ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Arie berharap melalui acara yang berlangsung selama lima hari ini, akan tumbuh upaya kreatif yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas aktivitas seni budaya di Jakarta dan menjadikan kota Jakarta sebagai pusat budaya.

Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta merupakan kegiatan 'kilas balik' untuk mengingat kembali dan merefleksikan nilai-nilai luhur dari ragam seni yang pernah mewarnai wajah ibukota negara.

Selama lima hari, masyarakat Jakarta dapat menikmati ragam kesenian terbaik yang pernah tampil di ibukota melalui aneka pertunjukan hasil perpaduan seni tradisi dan kontemporer, seperti teater, monolog, tari, musik, serta pameran foto dan artefak Betawi. Tak ketinggalan juga sajian kuliner khas Betawi yang menggugah selera, seperti kerak telor, karedok, bir pletok, dan lainnya.

"Saya harap semua warga Jakarta beramai-ramai datang ke acara ini. Acaranya gratis, tidak dipungut biaya. Dijamin, warga akan mengingat kembali kesenian Betawi yang pernah mewarnai wajah ibukota kita," kata Arie Batubara selaku Ketua Pelaksana Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

6 Karakter Pemimpin Dibutuhkan Untuk Jadi Wirausahawan Sukses

Petualangan Terakhir Bilbo di The Hobbit: The Battle of the Five Armies

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro