Ilustrasi/Themodelstage
Health

8 Makanan Ini Efektif Mencegah Perut Kembung

Redaksi
Selasa, 6 Januari 2015 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami perut kembung. Beberapa penyebabnya bisa saja asupan garam yang berlebihan, makan berlebihan, mengonsumsi makanan pedas berlebihan, ataupun mengkonsumsi minuman berkarbonasi.

Di samping itu, ada juga beberapa jenis makanan yang menyebabkan kembung pada beberapa orang, seperti produk susu, kacang-kacangan, pemanis buatan, kubis, dan brokoli.

Anda bisa saja mengatasi kondisi tak nyaman ini dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, selain obat, ada pula sejumlah makanan alami yang efektif untuk menghindari perut kembung, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Seledri

Batang seledri yang renyah diketahui bisa mengontrol gas di usus. Unsur kimia dalam sayuran ini mengurangi retensi cairan. Selain itu, seledri memiliki sifat detoksifikasi, yang membantu menghalau racun dari tubuh.

2. Mint

Mint merupakan daun yang ramah untuk perut dan memiliki banyak manfaat. Banyak obat-obatan yang diperuntukan untuk masalah perut diketahui mengandung mint di dalamnya.

3. Kacang-kacangan dan lentil

Dalam keadaan kering, kacang-kacangan, dan lentil bisa menyebabkan kembung. Namun, dalam keadaan sebaliknya, Anda justru mendapatkan manfaat darinya, yakni membantu menghindari kembung.

4. Mentimun

Mentimun diketahui mengandung antioksidan flavonoid yang membantu mengontrol kembung dalam perut.

5. Asparagus

Asparagus merupakan superfood anti-kembung. Makanan ini juga dapat membantu mengatasi kelebihan air dalam tubuh dengan membuangnya melalui urine sehingga menghilangkan segala bentuk ketidaknyamanan karena kembung.

6. Pisang

Buah ini merupakan sumber yang kaya kalium. Pisang dapat mencegah retensi air dengan mengatur kadar natrium dalam tubuh. Selain itu, pisang merupakan sumber serat yang akan membantu mencegah sembelit dan masalah perut yang berhubungan dengan penyakit.

7. Adas

Masyarakat India mengkonsumsi adas setelah makan. Adas dapat membantu dalam proses pencernaan, mengurangi kejang gastrointestinal, melancarkan pembuangan gas, serta mengendalikan kembung.

8. Yogurt

Penuh bakteri baik, yogurt adalah makanan ajaib bagi perut, demikian dilansir Boldsky. (Antara)

 

BACA JUGA:

6 Cara Bergaya dengan Marsala, Tren Warna 2015

Cameron Diaz dan Benji Madden Menikah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro