Health

Tips Meminimalisir Dampak Negatif Perceraian Pada Anak

Fitri Rachmawati
Kamis, 8 Januari 2015 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Psikolog Katarina Ira mengatakan kunci utama agar dampak negatif perceraian pada anak bisa ditekan adalah dengan tetap mempertahankan kebiasaan dan aktivitas keseharian anak.

Artinya, orang tua harus mencoba agar jangan terlalu banyak hal  yang berubah di kehidupan anak tersebut. Terutama terkait kasih sayang dari kedua orang tua, meskipun mereka telah memutuskan untuk berpisah.

Berikut hal-hal yang disarankan tidak boleh banyak perubahan ketika orang tua bercerai menurut Katarina

Kasih Sayang

Hal yang paling utama tidak boleh berubah adalah pemberian kasih sayang dari ayah dan ibu kepada anaknya. Walaupun bercerai seharusnya orang tua tetap memberikan kasih sayang kepada anak.

Jangan sampai setelah bercerai ayah atau ibu justru mengurangi memberikan kasih sayang kepada anak.  Berikan anak kasih sayang anak sebagaimana mestinya dan layaknya ketika orang tua bercerai.

Dan jika usia anak dinilai sudah dewasa atau sudah bisa dianggap cukup mengerti atau memahami dapat secara pelan-pelan memberikan penjelasan bahwa ibu dan ayah telah bercerai dengan penjelasan yang dapat dimengerti oleh anak.

Selain itu, jika dalam kasus perceraian anak masih kecil atau balita dan seorang ayah justru meninggalkan anaknya serta cenderung menelantarkan. Yang harus dilakukan ibu adalah tetap memberikan kasih sayang kepada anak dan untuk menghindari kehilangan sosok seorang ayah untuk anak.

Ibu bisa memberikan pengganti sosok ayah seperti kakek, paman untuk memberikan kasih sayang dari seorang ayah. Walaupun memang tidak seperti ayah, tetapi hal tersebut bisa membantu perkembangan anak agar tidak kehilangan sosok seorang ayah.

Pola Asuh

Setelah bercerai pola asuh yang diberikan kepada anak jangan banyak berubah, justru yang harus dilakukan adalah memberikan kenyamanan kepada anak. Jangan sampai setelah bercerai orangtua berebut hak asuh anak dan mengakibatkan ketidaknyamana bagi anak.

Jika anak masih kecil sebaiknya ibu yang terus mengasuh dan jika sudah besar barulah anak diberikan kebebasan untuk memilih akan ikut dengan siapa ayah atau ibu. Dan hal ini sesuai dengan perundanga-undangan begitu juga dengan anjuran agama khususnya agama islam.

Proses Perceraian Harus Dengan Jalan Baik

Dan hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana proses perceraian yang dilakukan oleh orang tua apakah dengan baik-baik atau cenderung buruk yang sama-sama menyimpan dendam. Hal ini pun harus dihindari demi perkembangan anak ke depan.

Karena akan berpengaruh terhadap sikap dari masing-masing orang tua terhadap memperlakukan anak. Jangan sampai anak yang akan terpengaruh buruk akan hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro