Wanita kena serangan jantung/australiawidefirstaid.com.au
Health

6 Gaya Hidup Cegah Wanita Sakit Jantung

Nancy Junita
Jumat, 9 Januari 2015 - 06:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Tiga-perempat dari serangan jantung pada wanita muda bisa dicegah jika melakukan enam praktik gaya hidup sehat menurut temuan para peneliti.

Kebiasaan sehat didefinisikan sebagai tidak merokok, indeks massa (IMT) tubuh normal, aktivitas fisik (berolahraga) minimal dua setengah jam per minggu, menonton televisi kurang dari tujuh jam seminggu, konsumsi maksimal satu minuman beralkohol per hari, dan pola makan yang sehat.

"Kami ingin mencari tahu apakah proporsi kasus penyakit jantung dapat dikaitkan dengan kebiasaan yang tidak sehat," kata pemimpin penulis penelitian Andrea Chomistek, peneliti di Indiana University School of Public Health, Bloomington.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengikuti hampir 70.000 wanita selama dua dekade.

Selama 20 tahun, sebanyak 456 wanita mengalami serangan jantung dan 31.691 wanita didiagnosis dengan satu atau lebih faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol darah.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang menerapkan semua enam praktik gaya hidup sehat memiliki risiko 92 persen lebih rendah terkena serangan jantung dan memiliki 66 persen lebih rendah berbagai faktor risiko yang menyebabjan penyakit jantung.

Risiko yang lebih rendah berarti tiga perempat dari serangan jantung dan hampir separuh dari semua faktor risiko pada wanita yang lebih muda mungkin bisa dicegah jika semua perempuan melakukan semua enam faktor gaya hidup yang sehat, kata para penulis.

Hasil penelitian ini dilansir di Journal of American College of Cardiology. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Mourinho Didakwa Gara-gara Berkomentar Pedas

KPK: 2015 Masih Menjadi Tahun Politik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : timesofindia.idiatimes.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro