Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Baru Menikmati Teh

Meski Indonesia dikenal sebagai salah satu negara produsen teh di Asia, masih sedikit masyarakat Indonesia yang belum mengetahui cara menikmati teh dengan baik. Berbeda dengan budaya minum kopi yang kian menjamur, teh tampaknya belum begitu dilirik sebagai gaya hidup yang bermanfaat oleh masyarakat.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  16:10 WIB
Ilustrasi - Lonelyplanet
Ilustrasi - Lonelyplanet

Bisnis.com, JAKARTA- Meski Indonesia dikenal sebagai salah satu negara produsen teh di Asia, masih sedikit masyarakat Indonesia yang belum mengetahui cara menikmati teh dengan baik. Berbeda dengan budaya minum kopi yang kian menjamur, teh tampaknya belum begitu dilirik sebagai gaya hidup yang bermanfaat oleh masyarakat.

Namun, kini mulai bermunculan kedai teh premium bagi para pecinta teh berkualitas terbaik. Mengadopsi gaya minum teh ala Eropa, kini teh Indonesia bisa disajikan secara elegan tanpa kalah saing dengan teh impor, juga lengkap dengan kue cemilan sebagai pelengkapnya.

Simak saja beragam jenis teh yang ditawarkan oleh kedai the premium Gaia Tea and Cakes Boutiqe. Semua teh yang disajikan telah diseleksi secara khusus oleh spesialis teh Ratna Somantri, yang telah menulis dua buku tentang teh dan telah delapan tahun mempelajari teh hingga ke berbagai belahan dunia.

“Kami ingin menunjukkan bahwa teh Indonesia juga bisa disajikan secara premium, bukan hanya teh impor saja yang bisa,” ujarnya.

Oleh karena itu, penyajian teh di kedai yang berlokasi di Kemang Jakarta ini juga tidak sembarangan, yakni dengan gelas kaca tipis atau cangkir yang khusus didesain untuk minum teh.

Adapun ragam teh yang ditawarkan antara lain Indonesian Genmaicha, yakni adaptasi teh khas Jepang. Teh ini terdiri dari pucuk daun teh muda dicampur dengan beras yang dipanggang sehingga menghasilkan keharuman dan cita rasa yang khas.

Ada juga West Java Silver Needles, atau white tea, yaitu teh dengan cita rasa manis dan lembut yang terbuat dari pucuk daun terbaik. Teh ini akan memberikan Anda sensasi minum teh ala bangsawan di setiap teguknya.

Selain itu, juga ada Mount Halimun Oolong Tea, yaitu teh hijau yang dihasilkan dari kaki Gunung Halimun Jawa Barat. Teh ini dibuat dengan teknik cold brew, yakni disimpan di dalam lemari es selama empat jam setelah diseduh.

Uniknya, semua teh asal Jawa Barat tersebut disajikan secara tawar tanpa gula. Menurut Ratna, selain kurang menyehatkan, gula dapat mengurangi cita rasa asli setiap jenis teh yang unik tersebut. Meski begitu, pihaknya tetap menyediakan gula jika ada pelanggan yang meminta.

Untuk mendampingi teh tawar tersebut, kedai yang menyatu dengan butik batik ini menyajikan camilan pendamping berupa kue yang memiliki cita rasa manis. Jenisnya pun beragam, mulai dari bluder, kue roti khas Madiun yang legendaris, dan tersedia dalam rasa cokelat, keju dan kismis.

Ada juga macarons mungil dengan tiga varian rasa unik khas Indonesia seperti ketan item, matcha, dan tape bakar keju. Manis yang dihasilkan rasanya pas untuk mengimbangi teh tawar Anda.

Selain itu, juga ada beragam kue lain seperti mini pineapple tart, mini intense dark chocolate tart, spinach quinch dan carrot cupcake. Semua kue yang disajikan berukuran kecil, karena menyesuaikan dengan konsep afternoon tea yang diusung kedai teh Gaia.

Bagi Anda penyuka rasa manis, rasanya cocok menyantap mini pineapple tart dan carrot cake. Paduan krim yang lembut dan buah-buahan akan membuat afternoon tea Anda kian spesial.

Namun, jika tak terlalu menyukai kue yang manis, Anda bisa mencicipi mini intense dark chocolate tart yang sedikit pahit dan spinach quinch, kue rasa bayam yang unik.

Yang tak kalah pentingnya, semua hidangan disajikan dalam dekorasi yang menarik untuk dipandang dan diabadikan dalam foto. Dengan demikian, Anda pun dapat memamerkan kegiatan “ngeteh cantik” tersebut kepada teman melalui media sosial. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

5 Cara Mendapatkan Foto Selfie yang Menarik

Filosofi Phoenix dalam Rancangan Mel Ahyar

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaya hidup
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top